Harga Beras Naik di Atas HET di 33 Provinsi, Pedagang Sulit Dapat Stok

Tia Dwitiani Komalasari
11 Maret 2023, 06:30
Buruh tani merontokkan padi dengan mesin tradisional saat panen di Pelem, Simo, Boyolali, Jawa Tengah, Minggu (5/3/2023). Badan Pangan Nasional (Bapanas) menargetkan Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) beras pada 2023 sebesar 1,2 juta ton dengan m
ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho/YU
Buruh tani merontokkan padi dengan mesin tradisional saat panen di Pelem, Simo, Boyolali, Jawa Tengah, Minggu (5/3/2023). Badan Pangan Nasional (Bapanas) menargetkan Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) beras pada 2023 sebesar 1,2 juta ton dengan merujuk pada volume operasi pasar 2022.

Pedagang pasar tradisional mengeluhkan pasokan beras yang sulit didapatkan jelang Ramadan. Kondisi ini menyebabkan harga beras menjadi semakin meroket.

Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia, Don Muzakir mengatakan, pedagang bingung karena tidak memiliki stok beras yang banyak jelang Ramadan. Padahal permintaan bahan pokok biasanya bertambah jelag Ramadan.

Advertisement

"Temen-temen di daerah sudah komunikasi, pasar-pasar sedang mengalami kelangkaan beras," ujar Don saat dihubungi, Katadata.co.id, Jumat (10/3).

Don mengatakan, stok menipis menyebabkan harga beras menjadi naik di sejumlah pasar tradisional. "Biasanya harga beras naiknya cuma Rp 500 per kg, tapi ini sampai Rp 1.000 bahkan Rp 1.500 per kg per minggu," ujarnya.

Berdasarkan data Pusat Informasi Harga Pangan Strategis, rata-rata nasional harga beras Medium I saat ini mencapai Rp 13.200 per kg pada Jumat (10/3). Harga beras tersebut jauh di atas Harga Eceran Tertinggi atau HET beras medium mencapai Rp 9.450 per kg sampai 10.250 per kg.

Dari 34 provinsi, hanya Nusa Tenggara Barat yang memiliki harga beras medium sesuai HET yaitu mencapai Rp 9.250 per kg. Harga beras medium tertinggi terdapat di Kalimantan Selatan Rp 15.950 per kg. Sementara harga beras medium di Jakarta mencapai Rp 14.850 per kg.

Sulit Dapat Beras Bulog

Sementara itu, masyarakat di sejumlah daerah mengaku mengalami kesulitan untuk mendapatkan beras Bulog dengan harga yang murah di pasar-pasar tradisional. Misalnya saja di Kota Kupang Nusa Tenggara Timur, warga tidak menemukan beras Bulog di pasar tradisional sejak awal pekan ini.

"Sejak kemarin kami sulit mendapatkan beras Bulog di pasar-pasar. Kami sangat membutuhkan beras Bulog karena harganya murah dan bisa terjangkau warga yang berpenghasilan rendah," kata Desi Lona warga Kecamatan Kelapa Lima saat ditemui di Pasar Kasih Naikoten Kota Kupang, seperti dikutip dari Antara.

Sementara itu Sultan salah seorang pedagang beras di Pasar Kasih Naikoten mengaku banyak warga yang mencari beras Bulog karena harganya lebih murah dari beras jenis lainnya. Menurut dia, Bulog NTT hanya memasok kebutuhan beras Bulog satu ton/hari untuk para pedagang beras di Pasar Kasih Naikoten. Sementara kebutuhan buat masyarakat lebih dari satu ton.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira, Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement