Pemerintah Tetapkan Fleksibilitas Harga Gabah dan Beras, Ini Daftarnya

Tia Dwitiani Komalasari
13 Maret 2023, 11:48
Sejumlah buruh tani merontokkan padi dengan mesin saat panen di Desa Binangga, Sigi, Sulawesi Tengah, Minggu (12/3/2023). Memasuki musim panen raya padi hingga Mei mendatang, Badan Pangan Nasional menugaskan Bulog untuk menyerap sebanyak 2,19 juta ton ber
ANTARA FOTO/Basri Marzuki/rwa.
Sejumlah buruh tani merontokkan padi dengan mesin saat panen di Desa Binangga, Sigi, Sulawesi Tengah, Minggu (12/3/2023). Memasuki musim panen raya padi hingga Mei mendatang, Badan Pangan Nasional menugaskan Bulog untuk menyerap sebanyak 2,19 juta ton beras lokal dengan target pemenuhan sebesar 70 persen baik dengan skema cadangan beras pemerintah (CBP), fleksibilitas, maupun skema komersial.

Badan Pangan Nasional atau Bapanas tetapkan fleksibilitas harga gabah dan beras terbaru.  Hal itu tercantum dalam Keputusan Kepala Badan Pangan Nasiona Republik Indonesia Nomor 62/KS.03.03/K/3/2023 Tentang fleksibilitas harga gabah atau beras dalam rangka penyelenggaraan cadangan beras pemerintah.

Dalam aturan tersebut disebutkan jika tujuan penetapan felksibiltas harga gabah atau beras ini dalam rangka memenuhi cadangan beras pemerintah atau CBP. Keputusan ini berlaku mulai tanggal ditetapkan yaitu 11 Mret 2023.

"Untuk mempertimbangkan kebutuhan pengadaan gabah atau beras dalam rangka penyelenggaraan cadangan beras pemerintah dalam hal rata-rata harga pasar setempat di tingkat produsen di atas harga acuan pembelian atau harga pembelian pemerintah, diberikan fleksibilitas harga pembelian dengan jangka waktu tertentu," tulis aturan tersebut dikutip Senin (13/3).

Berikut daftar fleksibilitas harga gabah atau beras yang ditetapkan:

a. Gabah Kering Panen di Petani Rp. 5.000/kg

b. Gabah Kering Giling di Penggilingan Rp 6.200/kg 

c. Gabah Kering Giling di gudang Perum BULOG Rp 6.300/kg

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...