Produksi Daging Ayam Surplus 500 Ribu Ton, Peternak Rakyat Berguguran

Tia Dwitiani Komalasari
13 Maret 2023, 15:38
Pekerja memeriksa kondisi kandang dan ayam di peternakan ayam modern Naratas, Desa Jelat, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Sabtu (11/4/2020). Pengusaha peternak ayam Naratas terpaksa memanen ayam lebih awal akibat daya beli menurun lantaran sejumlah rumah ma
ANTARA FOTO/Adeng Bustomi/wsj.
Pekerja memeriksa kondisi kandang dan ayam di peternakan ayam modern Naratas, Desa Jelat, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Sabtu (11/4/2020). Pengusaha peternak ayam Naratas terpaksa memanen ayam lebih awal akibat daya beli menurun lantaran sejumlah rumah makan di daerah Jabodetabek dan Jabar tutup karena pandemi COVID-19 yang berakibatnya kerugian hingga 70 persen dari modal investasi sebesar Rp14 miliar.

Sekretariat Bersama Asosiasi Perunggasan memprediksi produksi daging ayam domestik mengalami surplus 500.000 ton sepanjang 2022. Surplus tersebut tidak terserap oleh pasar sehingga banyak peternak rakyat atau mandiri berguguran.

"Dalam kurun waktu lima terakhir, kerugian dan kebangkrutan menjadi bagian keseharian yang tidak dilepaskan dari kehidupan peternak mandiri dan peternak rakyat," tulis siaran pers Sekretariat Bersama Asosiasi Perunggasan yang disampaikan pada Katadata.co.id, Senin (13/3). Sekretariat tersebut terdiri dari Garda Organisasi Peternak Ayam Nasional atau Gopan, Pinsar Indonesia, Perhimpunan Peternak Unggas Nusantara, dan Komunitas Peternak Unggas Nasional.

Advertisement

Berdasarkan perhitungan mereka, produksi ayam mencapai 4,01 juta to sepanjang 2022. Sementara kebutuhan sepanjang 2022 hanya mencapai 3,5 juta ton. Dengan demikian, terdapat surplus sebesar 500 ribu ton.

Berikut 10 provinsi dengan produksi daging ayam ras terbesar di Indonesia:

Berdasarkan catatan gopan, Kementrian Pertanian, Kementrian Perdagangan dan Badan Pangan Nasional tidak memiliki data yang valid mengenai kebutuhan dan konsumsi ayam broiler di Indonesia. Hal ini mengakibatkan supply and demand tidak dapat diproyeksikan secara tepat. Akibatnya, ketersediaan ayam selalu berlebihan atau oversupply.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement