Luhut: Banyak Intansi Cari Celah Tidak Belanja Produk Dalam Negeri

Nadya Zahira
15 Maret 2023, 14:48
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dalam rapat koordinasi mengenai kelangkaan minyak goreng rakyat, Senin (6/7).
Humas Kemenko Marves
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dalam rapat koordinasi mengenai kelangkaan minyak goreng rakyat, Senin (6/7).

Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, mengatakan banyak instansi pemerintah yang mencari celah agar tidak belanja produk dalam negeri sehingga bisa melakukan impor. Oleh sebab itu, Luhut memberikan mengusulkan ada sanksi bagi instansi pemerintah yang tidak mematuhi pembelian produk dalam negeri.

"Kami laporkan Bapak Presiden, masih ada instansi-instansi yang mencoba mencari celah dari sini. Oleh karena itu, kami sepakat untuk Mendagri, Menpan-RB dan Menkeu untuk mengecek langsung ke lapangan terkait belanja e-katalog di kabupaten atau kota, provinsi dan kementerian," ujar Luhut dalam pembukaan Business Matching di Istora Senayan, Jakarta, Rabu (15/3).

Luhut mengatakan, aturan belanja dalam negeri perlu ada reward and punishment. Hal tersebut  dilakukan bertujuan agar kementerian atau lembaga, serta pemda terdorong untuk membeli produk dalam negeri.

"Karena ini menurut kami penting, dan kami usul kepada Bapak Presiden juga untuk memberikan disinsentif pada institusi yang tidak melaksanakan program ini," ujar Luhut. 

Luhut mengatakan, pemerintah perlu mempercepat proses belanja produk dalam negeri dengan menyederhanakan regulasi.

"Perlu  dilakukan percepatan pengesahan rancangan undang-undang pengadaan barang dan jasa publik, yang harus dilakukan paling lambat pada pada Agustus 2023," kata dia.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...