Jokowi Instruksikan Cari Dalang Impor Baju Bekas, Ganggu Industri TPT

Nadya Zahira
15 Maret 2023, 18:13
Calon pembeli memilih pakaian impor bekas di Pasar Senen, Jakarta, Jumat (17/2/2023).
ANTARA FOTO/Fauzan/foc.
Calon pembeli memilih pakaian impor bekas di Pasar Senen, Jakarta, Jumat (17/2/2023).

Pemerintah tengah melakukan investigasi terhadap impor ilegal barang bekas atau thrifting yang dinilai mengganggu pertumbuhan industri dalam negeri. Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi memerintahkan para menterinya untuk mencari dalang dibalik praktik impor baju bekas.

“Sudah saya perintahkan untuk cari betul sumbernya, dan ini seharusnya sehari dua hari sudah ketemu,” ujar Jokowi saat ditemui usai membuka acara Business Matching 2023 dan Penyerahan Penghargaan P3DN di Istora Senayan, Jakarta, pada Rabu (15/3).

Advertisement

Jokowi mengatakan, barang-barang bekas impor tersebut tentu sangat mengganggu kinerja industri tekstil dalam negeri.  “Itu tentu mengganggu industri tekstil di dalam negeri, sangat mengganggu,” ujarnya.

Masuk Jalur Tikus

Juru Bicara Kementerian Perindustrian Febri Hendri Antoni Arif mengatakan, pelarangan impor barang bekas bertujuan untuk melindungi industri kecil menengah atau IKM.

"Keberadaan impor barang ilegal itu menyebabkan industri kecil dan menengah kita yang terpuruk karena produk mereka jadi tidak laku, padahal harga dan kualitasnya lebih baik," ujarnya saat ditemui di acara Business Matching 2023, Jakarta, Rabu (15/3).

Febri mengatakan, saat ini Kemenperin telah membuat tim pengawasan untuk menindaklanjuti aktivitas impor barang ilegal tersebut. Selain itu, dia menduga bahwa barang impor ilegal tersebut masuk melalui jalur tikus di laut atau di darat seperti yang sering terjadi di Kalimantan.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement