Instagram dan Platform Lain Diminta Blokir Konten Mengandung Thrifting

Nadya Zahira
16 Maret 2023, 16:23
Calon pembeli memilih pakaian impor bekas di Yogyakarta, Kamis (2/3/2023).
ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah/hp.
Calon pembeli memilih pakaian impor bekas di Yogyakarta, Kamis (2/3/2023).

Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah atau Kemenkop UKM meminta sejumlah platform media sosial seperti Tiktok, Instagram, dan Facebook untuk menutup akun konten kreator yang mempromosikan dan mendukung thrifting atau penjualan baju bekas impor.

Tim Ahli Staf Khusus Kementerian Koperasi dan UKM, Aldi Abidin, mengungkapkan, konten-konten terkait thrifting membuat masyarakat semakin terdorong untuk membeli pakaian bekas impor, dan produk IKM dalam negeri semakin anjlok. 

Advertisement

"Ini karena barangnya ilegal mempromosikannya juga ilegal, yang jadi permasalahan adalah kita bisa dengan mudahnya mencari di sosmed, ada banyak konten kreator yang isinya mempromosikan belanja thrifting dengan judul “Ikuti Keseharian Hidden Gem di Jakarta barang bekas impor”, “Hidden Gem Ngebongkar Bal Produk Impor” dan lainnya," ujar Aldi dalam acara diskusi bersama e-commerce terkait thrifting, di Gedung Kemenkop UKM, Kamis (16/3).

Pemerintah sebenarnya telah menerbitkan Peraturan Menteri Perdagangan atau Permendag Nomor 40 Tahun 2022 mengenai Perubahan atas Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 18 Tahun 2021 tentang Barang Dilarang Ekspor dan Barang Dilarang Impor. Dalam aturan Permendag itu, pakaian bekas dan barang bekas lainnya termasuk dalam barang yang dilarang impor . 

Masuk Lewat Pelabuhan Tikus

Deputi Bidang Usaha Kecil Menengah Kemenkop UKM, Hanung Harimba Rachman, sebelumnya juga mengatakan  produk-produk barang bekas impor tersebut ilegal. Barang-barang tersebut masuk ke Indonesia melalui jalur-jalur tikus. 

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement