Harga Pangan Meroket Jelang Ramadan, Cabai Rawit Tertinggi

Nadya Zahira
17 Maret 2023, 17:30
Pedagang menata cabai rawit di Pasar Senen, Jakarta, Senin (6/3/2023).
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/rwa.
Pedagang menata cabai rawit di Pasar Senen, Jakarta, Senin (6/3/2023).

Sejumlah harga komoditas pangan naik jelang H-6 Ramadan diantaranya cabai merah keriting, cabai rawit merah, bawang putih, hingga tomat. Kenaikan yang paling signifikan adalah cabai rawit merah yang tembus hingga Rp 85.000 per kilogram dari yang sebelumnya Rp 50.000 per kg.

"Cabai rawit merah paling signifikan naiknya, dari yang biasanya Rp 50-60.000 per kg, saat ini sampai Rp 85.000 per kg, sepertinya akan naik terus" ujar Wiwin kepada Katadata.co.id saat ditemui di Pasar Kramat Jati, Jakarta Timur, Jumat (17/3).

Wiwin menduga kenaikan harga cabai tersebut disebabkan karena terdampak dari cuaca buruk akibat hujan terus-menerus. Hal itu menyebabkan sejumlah daerah gagal panen.

"Naiknya sudah dua mingguan semenjak musim hujan. Penyebab naiknya tergantung pasokan, mungkin daerahnya tidak panen atau gagal panen. Kalau sayuran gimana dari pemasok," kata dia.

Dia mengatakan, harga cabai rawit merah sempat menyentuh Rp 100.000 per kg selama sepekan pada dua minggu yang lalu. Namun demikian, harganya turun menjadi Rp 85.000 per kg. 

Selain cabai rawit, dia mengatakan bahwa harga cabai merah keriting juga mengalami kenaikan mencapai Rp 45.000 per kilogram. Harga tersebut naik dibandingkan pekan sebelumnya mencapai Rp 30.000 per kg.

"Kalau naik terus pembeli jadi mengurangi jumlah pembeliannya," ujar Wiwin.

Imbas Cuaca Buruk

Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi menyampaikan, kenaikan harga komoditas pangan yang terjadi saat ini khususnya cabai disebabkan karena cuaca yang buruk, sehingga beberapa petani mengalami gagal panen. 

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...