Minyakita Mulai Banjiri Pasar, Dijual Sesuai HET Rp 14.000 per Liter

Nadya Zahira
17 Maret 2023, 17:54
Warga menunjukkan minyak goreng Minyakita yang dibelinyaa saat gerakan pangan murah di Karadenan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (23/2/2023). Gerakan pangan murah yang diselenggarakan Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bogor tersebut untuk stabilisasi p
ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/rwa.
Warga menunjukkan minyak goreng Minyakita yang dibelinyaa saat gerakan pangan murah di Karadenan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (23/2/2023). Gerakan pangan murah yang diselenggarakan Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bogor tersebut untuk stabilisasi pasokan dan harga bahan pangan pokok murah untuk masyarakat.

Minyakita mulai membanjiri pasar dan dijual sesuai dengan harga eceran tertinggi atau HET yakni Rp 14.000 per liter. Pedagang mengatakan sudah menerima pasokan Minyakita sebanyak 10 dus untuk satu minggu.

Salah satu pedagang minyak goreng di Pasar Tradisional Kramat Jati, Jakarta Timur, Nur Ningsih, mengatakan saat ini dia sudah mulai menjual Minyakita lagi karena stoknya sudah dipasok oleh distributor.

"Sekarang Minyakita sudah dipasok oleh distributor itu 10 dus untuk satu minggu, jadi baru bisa pesannya lagi setelah satu minggu kemudian," ujarnya kepada Katadata.co.id, saat ditemui di Pasar Tradisional Kramat Jati, Jakarta Timur, Jumat (17/3).

Dia mengatakan, sebelumnya penjualan Minyakita sangat dibatasi oleh distributor. Pedagang hanya dibolehkan membeli 5 sampai 7 dus. Satu dus berisi masing-masing 12 Minyakita seharga Rp 156.000 per dus.

"Sekarang jatahnya sudah banyak bisa pesan hingga 10 dus, dan harga satu dusnya Rp 143.000," kata dia.

Ningsih mengatakan, saat ini dia dapat menjual Minyakita sesuai dengan HET yakni Rp 14.000 per liter.  Pasalnya, distributor menjual minyak tersebut ke penjual hanya seharga Rp 13.000 per liter.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...