Semua Jalan Tol di IKN Akan Terapkan Sistem Bayar Tol Tanpa Berhenti

Nadya Zahira
20 Maret 2023, 16:37
Presiden Joko Widodo meresmikan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda seksi 2,3 dan 4 di Samboja, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, Selasa (17/12/2019). Tol seksi 2,3 dan 4 yang akan melintasi ibu kota baru itu memiliki panjang 57,8 kilometer dari total lima
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Presiden Joko Widodo meresmikan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda seksi 2,3 dan 4 di Samboja, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, Selasa (17/12/2019). Tol seksi 2,3 dan 4 yang akan melintasi ibu kota baru itu memiliki panjang 57,8 kilometer dari total lima seksi Tol Balikpapan-Samarinda sepanjang 99,3 kilometer.

Semua ruas tol baru di Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara akan menerapkan sistem transaksi tol nirsentuh atau Multi Lane Free Flow (MLFF).  Salah satu ruas tol yang diusulkan untuk uji coba penggunaan MLFF adalah  Jalan Tol Balikpapan - Samarinda.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol atau BPJT, Danang Parikesit, mengatakan penerapan MLFF di jalan tol tersebut bertujuan untuk menyongsong digitalisasi di IKN.

"Untuk ruas-ruas tol baru IKN pasti akan menggunakan MLFF semuanya," ujar Kepala BPJT Danang Parikesit di sela-sela Seminar di Jakarta, Senin (20/3).

Sementara itu, penerapan MLFF baru akan dimulai 1 Juni 2023.  Terdapat 6 ruas jalan tol yang akan menerapkan sistem MLFF tersebut, termasuk Balikpapan-Samarinda. Selain itu, pihaknya juga sudah menyiapkan beberapa ruas lainnya seperti di wilayah Jabodetabek.

Uji Coba Pertama di Bali

Sementara itu, Direktur Utama PT. Roatex Indonesia Toll System (RITS) sebagai Badan Usaha Pelaksana sistem MLFF, Peter Ong, mengatakan Tol Bali Mandara akan menjadi lomasi pertama uji coba MLFF. Pemilihan tol Bali telah melalui proses diskusi.

Menurut Peter, ruas tol Bali belum terlalu padat. Dengan demikian, akan lebih mudah melaksanakan pengawasan untuk memastikan semua sistem berjalan dengan baik.

Selama uji coba, dia mengatakan, kegiatan sosialisasi dilakukan lebih masif agar segala informasi bisa tersampaikan dengan baik kepada masyarakat.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...