Belum Pulih, Industri Masih Minim Serap Tenaga Kerja

Tia Dwitiani Komalasari
21 Maret 2023, 17:05
Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia atau Apindo, Hariyadi Sukamdani, menjadi pembicaran dalam OCBC Indonesia Business Forum di Jakarta, Selasa (21/3).
Katadata
Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia atau Apindo, Hariyadi Sukamdani, menjadi pembicaran dalam OCBC Indonesia Business Forum di Jakarta, Selasa (21/3).

Asosiasi Pengusaha Indonesia atau Apindo menyatakan bahwa industri saat ini belum pulih sepenuhnya dari dampak pandemi Covid-19. Banyak perusahaan di berbagai sektor bahkan belum bisa menyerap kembali tenaga kerja yang terdampak efisiensi.

Ketua Apindo, Hariyadi Sukamdani, mengatakan pelaku usaha melakukan sejumlah efisiensi sejak pandemi Covid-19, termasuk efisiensi karyawan.

"Apa yang kami lihat di Apindo sangat disayangkan bahwa salah satu yang terjadi adalah merampingkan organisasi perusahaan," ujarnya saat acara OCBC Business Forum yang diselenggarakan oleh Katadata, Selasa (21/3).

Hariyadi mengatakan, terjadi efisiensi karyawan kurang lebih 50% selama awal pandemi. Efisiensi tersebut terjadi di semua sektor.

Saat ini, kapasitas karyawan tersebut naik menjadi 70%-80%. Namun demikian, kapasitas karyawan tersebut belum kembali ke 100% hingga saat ini.

Menurut Hariyadi, saat ini masih ada industri yang masih kontraksi yaitu sektor yang berorientasi ekspor ke negara negara yang ekonominya mengalami resesi seperti Amerika Serika, Uni Eropa, dan Inggris.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...