Sejuta Tiket Kereta Mudik Lebaran Terjual, Terbanyak Tanggal 20 April

Nadya Zahira
24 Maret 2023, 10:01
Dua penumpang berjalan menuju gerbong kereta api Bangunkarta jurusan Jombang di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Jumat (23/12/2022).
ANTARA FOTO/Darryl Ramadhan/tom.
Dua penumpang berjalan menuju gerbong kereta api Bangunkarta jurusan Jombang di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Jumat (23/12/2022).

PT Kereta Api Indonesia (Persero) mencatat penjualan tiket kereta api Jarak Jauh masa Angkutan Lebaran 2023 telah mencapai  1.006.393 tiket. Jumlah tersebut sebesar 37% dari total keseluruhan tiket yang disediakan selama masa mudik lebaran tanggal 12 April-3 Mei 2023.

VP Public Relations KAI, Joni Martinus, mengatakan relasi favorit pelanggan sejauh ini didominasi untuk kereta api dari arah barat yakni, Jakarta atau Bandung menuju arah timur Jawa Tengah atau Jawa Timur pada periode sebelum Lebaran. Selain itu, pembelian tiket keret didominasi perjalanan kereta api dari timur Jawa Tengah atau Jawa Timur menuju arah barat Jakarta atau Bandung untuk periode setelah Lebaran.

Adapun tanggal keberangkatan KA yang menjadi favorit dipesan di antaranya 20 April 2023 dimana tiket terjual 63%, tanggal 21 April 2023 sebanyak 61%, dan tanggal 26 April 2023 sebanyak 55%.

“KAI berharap masyarakat dapat merencanakan perjalanannya dengan baik karena tiket KA masa Angkutan Lebaran masih cukup banyak tersedia," ujar Joni melalui keterangan resminya, Jumat (24/3).

Joni mengatakan, pelanggan dapat memilih tanggal alternatif  jika tiket KA yang diinginkan sudah habis. Selain itu, pelanggan dapat memanfaatkan fitur Connecting Train di aplikasi KAI Access yang akan membantu memberikan opsi perjalanan dengan mengkombinasikan jadwal kereta yang bersifat persambungan.

Vaksin Booster

Dia menuturkan,  KAI menyediakan layanan vaksin booster gratis untuk membantu pelanggan dalam melengkapi persyaratan naik Kereta Api Jarak Jauh. Vaksin booster gratis bisa didapatkan di stasiun-stasiun serta fasilitas Klinik Mediska atau fasilitas kesehatan milik KAI yang berlokasi di lingkungan stasiun untuk umum dengan prioritas penumpang kereta api.

Layanan vaksin booster gratis tersebut saat ini tersedia di Stasiun Gambir, Stasiun Pasar Senen, Stasiun Semarang Tawang, Stasiun Purwokerto, Stasiun Surabaya Pasar Turi, Stasiun Surabaya Gubeng, dan Stasiun Malang.

Selain itu, Klinik Mediska Bandung, Klinik Mediska Cirebon, Klinik Mediska Yogyakarta, Klinik Mediska Madiun, Klinik Mediska Jember, Klinik Mediska Ketapang, serta Klinik Mediska Probolinggo.

KAI masih menerapkan persyaratan naik kereta api sesuai SE Menteri Perhubungan No 84 Th 2022 dan SE Kementerian Kesehatan Nomor HK.02.02/II/3984/2022 sejak 19 Desember 2022.

Cegah Praktik Calo

Dalam menyediakan tiket kereta api, khususnya saat peak season seperti di masa Angkutan Lebaran ini, Joni mengatakan KAI akan menyediakan tiket kereta api pada masa Angkutan Lebaran secara transparan dan terpercaya bagi seluruh pelanggan. 

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...