Bulog Impor Daging Kerbau India 20 Ribu Ton, Tiba di RI Akhir Maret

Nadya Zahira
24 Maret 2023, 14:35
Pekerja menunjukkan daging beku impor asal India yang tiba di New Priok Container Terminal One (NCPT1), Jakarta, Sabtu (5/3/2022).
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/YU
Pekerja menunjukkan daging beku impor asal India yang tiba di New Priok Container Terminal One (NCPT1), Jakarta, Sabtu (5/3/2022).

Perum Bulog mengimpor 20 ribu ton daging kerbau India untuk memenuhi kebutuhan selama Ramadan dan lebaran 2023. Daging kerbau impor tersebut diperkirakan tiba di Indonesia pada Akhir Maret atau Awal April 2023.

Sekretaris Perusahaan Perum Bulog Awaluddin Iqbal mengatakan, Perum Bulog diberikan kuota untuk impor daging kerbau dari India sebanyak 100 ribu ton untuk selama 2023.

"Kurang lebih sebanyak 20 ribu ton jatah daging kerbau impor tersebut untuk keperluan Ramadan hingga Lebaran 2023 nanti, yang akan datang pada akhir Maret atau awal April," ujarnya kepada Katadata.co.id, Jumat (24/3).

Awaluddin mengungkapkan, bahwa tujuan utama adanya impor daging kerbau tersebut yakni memitigasi permintaan daging lembu yang meningkat pada saat Ramadhan dan Idul Fitri.

"Importasi daging tersebut tentu sudah mendapat persetujuan dari Presiden Joko Widodo dalam rapat terbatas dengan jajarannya," kata dia.

Pada Rakortas tersebut, Jokowi menetapkan Bulog mendapat penugasan impor daging kerbau, dan ID Food RNI mendapat penugasan impor daging sapi frozen.  Masing-masing lembaga tersebut mendapatkan jatah impor daging sebanyak 100 ribu ton.

Waspada Wabah PMK

Awaluddin menegaskan bahwa tim Bulog telah ke India langsung untuk memastikan kualitas daging kerbau yang dibeli terbebas dari Penyakit Mulut dan Kuku atau PMK. Dia meminta masyarakat tidak khawatir terhadap kemungkinan penularan wabah tersebut.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...