KAI Siapkan Kereta Mudik Tambahan Medan-Rantauprapat, Ini Jadwalnya

Tia Dwitiani Komalasari
24 Maret 2023, 15:16
Petugas PT KAI memeriksa fasilitas hand sanitizer yang disediakan bagi para penumpang di dalam gerbong kereta api di Stasiun Besar Kereta Api Medan, Sumatera Utara, Rabu (17/6/2020).
ANTARA FOTO/Septianda Perdana/aww.
Petugas PT KAI memeriksa fasilitas hand sanitizer yang disediakan bagi para penumpang di dalam gerbong kereta api di Stasiun Besar Kereta Api Medan, Sumatera Utara, Rabu (17/6/2020).

PT KAI Divre I Sumatera Utara menyediakan satu rangkaian kereta api tambahan Medan-Rantauprapat selama masa angkutan Lebaran pada akhir April 2023. kereta tersebut akan dioperasikan pulang-pergi satu hari sekali pada tanggal tertentu saat musim mudik lebaran.

"Kereta ini bernama KA Sribilah Premium. Kami mengoperasikannya di tanggal-tanggal tertentu yang kami anggap masuk masa puncak," ujar Manajer Humas PT KAI Divre I Sumut Anwar Solikhin di, Medan, Sumatera Utara,  seperti dikutip dari Antara, Jumat (24/3).

Advertisement

Anwar melanjutkan, pihaknya akan menjalankan KA Sribilah Premium pada tanggal 15, 16, 20, 21, 22, 23, 29 dan 30 April 2023. Dalam satu rangkaian kereta api tersebut, terdapat 384 tempat duduk.

Harga Tiket

Anwar pun memastikan, keberadaan KA Sribilah Premium tidak akan mengganggu jam operasional kereta reguler Medan-Rantauprapat yakni KA Sribilah Utama. Harga tiket KA Sribilah Premium pun dipastikan hampir sama dengan kereta api reguler itu.

"Harga tiketnya kurang lebih sama dengan reguler. Kami memiliki aturan terkait tarif batas atas dan tarif batas bawah harga tiket. Jadi, harganya tidak akan melewati itu," tutur Anwar.

Anwar mengisyaratkan bahwa KAI tidak akan menambah rute Medan-Tanjung Balai, yang menggunakan KA Putri Deli. Padahal rute tersebut merupakan tujuan favorit warga Sumatera Utara.

Menurut Anwar, KAI tidak bisa sembarangan menambah rangkaian kereta Putri Deli lantaran kereta api tersebut beroperasi dengan dana subsidi public service obligation atau PSO.

"KA Putri Deli berjalan dengan skema PSO, kami tidak bisa menambah begitu saja. Harus ada persetujuan dari pemerintah. Ditambah lagi, sarana kami juga terbatas karena sarana yang ada kami arahkan untuk KA Sribilah yang menuju ke Rantauprapat," tutur Anwar.

PT KAI Divre I Sumatera Utara menyediakan total 16.936 kursi selama masa angkutan Lebaran yakni pada 12 April-3 Mei 2023. Dari jumlah tersebut, 5.700 kursi ditujukan untuk kereta api jarak jauh dan 11.236 untuk kereta api lokal.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement