Harga Beras, Minyak Goreng, hingga Telur Masih Naik di Awal Ramadan

Nadya Zahira
24 Maret 2023, 16:13
Pekerja mengemas beras impor Vietnam ke dalam karung di Gudang Bulog Argapura, Distrik Jayapura Selatan, Kota Jayapura, Papua, Jumat (24/3/2023). Guna memenuhi kebutuhan masyarakat, stabilisasi pasokan dan harga beras serta untuk beras cadangan bencana, B
ANTARA FOTO/Sakti Karuru/hp.
Pekerja mengemas beras impor Vietnam ke dalam karung di Gudang Bulog Argapura, Distrik Jayapura Selatan, Kota Jayapura, Papua, Jumat (24/3/2023). Guna memenuhi kebutuhan masyarakat, stabilisasi pasokan dan harga beras serta untuk beras cadangan bencana, Bulog wilayah Papua dan Papua Barat mendapat 8.250 ton beras impor Vietnam yang didatangkan secara bertahap dan saat ini baru tiba 800 ton.

Harga beras dan sejumlah bahan pokok masih merangkak naik pada awal Ramadan 2023. Selain beras, bahan pokok yang naik adalah telur, minyak goreng, dan daging ayam.

Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Pedagang Pasar Indonesia, Reynaldi Sarijowan, menilai pemerintah tidak melakukan upaya serius untuk mendorong agar harga segera turun. Dirinya pesimis harga pangan di pasaran akan turun jika upaya pemerintah tidak optimal.

"Tidak ada upaya lanjutan sehingga beberapa komoditas tidak turun, pedagang sendiri merasa kesulitan menjual harga yang cukup tinggi di bulan ramadhan," ujarnya.

Berdasarkan data Pusat Informasi Harga Pangan Nasional, berikut harga bahan pokok yang masih naik saat awal Ramadan:

1. Minyak goreng

Harga minyak goreng kemasan bermerek I mencapai Rp 21.800 kilogram (km) pada Jumat (24/3). Harga minyak tersebut naik tipis dibandingkan awal Maret yang mencapai Rp 21.700 per kg.

Sementara rata-rata nasional harga minyak goreng kemasan bermerek II mencapai Rp 20.150 per kg pada Jumat (24/3). Angka tersebut naik dibandingkan pada minggu pertama Maret yang mencapai Rp 20.250 per kg.

Adapun rata-rata harga minyak goreng tertinggi terdapat di Gorontalo yang mencapai Rp 26.500 per kg. Sementara untuk harga minyak goreng terendah berada di Kepulauan Riau yang hanya mencapai Rp 16.500 per kg. Rata-rata harga minyak goreng di DKI Jakarta sebesar Rp 19.200 per kg.

2. Telur Ayam

Selanjutnya, untuk rata-rata harga telur ayam ras segar mencapai Rp 30.250 per kg pada Jumat (24/3). Angka tersebut naik dibandingkan pada minggu terakhir Februari yang hanya mencapai Rp 28.550 per kg.

3. Daging Ayam Ras Segar

Rata-rata harga daging ayam ras segar secara nasional mencapai Rp 35.350 per kg pada Jumat (24/3). Harga daging ayam tersebut naik dibandingkan rata-rata nasional harga daging ayam ras segar pada minggu pertama Maret 2023 yang hanya mencapai Rp 33.700 per kg. 

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...