Ribuan Kuota Mudik Gratis Kemenhub Masih Tersedia, Ini Cara Daftarnya

Tia Dwitiani Komalasari
25 Maret 2023, 14:49
Satu keluarga peserta program mudik gratis sepeda motor bersama Kapal Motor (KM) Dobonsolo asal Tanjung Priok, Jakarta bersiap menuju ke Purwodadi, Grobogan setibanya di dermaga Terminal Penumpang Tanjung Emas Semarang, Jawa Tengah, Rabu (27/4/2022).
ANTARA FOTO/Aji Styawan/rwa.
Satu keluarga peserta program mudik gratis sepeda motor bersama Kapal Motor (KM) Dobonsolo asal Tanjung Priok, Jakarta bersiap menuju ke Purwodadi, Grobogan setibanya di dermaga Terminal Penumpang Tanjung Emas Semarang, Jawa Tengah, Rabu (27/4/2022).

Kuota mudik gratis Kementerian Perhubungan atau Kemenhub dengan menggunakan kereta api dan kapal laut masih tersedia. Program mudik gratis ini juga mengangkut motor pemudik dengan menggunakan moda transportasi tersebut.

Direktur Lalu Lintas Angkutan Kereta Api Ditjen Perkeretaapian, Djarot Tri Wardhono, mengatakan program angkutan sepeda motor gratis dengan kereta api menyediakan kapasitas hingga lebih dari 46 ribu penumpang dan lebih dari 10 ribu unit sepeda motor untuk arus mudik dan balik. Saat ini, jumlah total yang telah terdaftar sebanyak 3.094 penumpang dan 1.994 motor.

"Pendaftaran mudik gratis dengan kereta api telah dibuka sejak 1 Maret 2023," ujarnya dalam keterangan tertulis, dikutip Sabtu (25/3).

Djarot mengungkapkan, ada tiga hal baru dari program angkutan sepeda motor gratis dengan kereta api yang diselenggarakan pada tahun ini, yaitu:

1. Motor dan penumpang diangkut dengan kereta api yang sama. Kereta yang digunakan adalah AC Ekonomi.
2. Penerapan harga tiket yang relatif murah berkisar Rp10.000 - Rp20.000 bagi penumpang sesuai jarak lintasan; dan ketiga ada
3. Tambahan lintasan baru yaitu lintas Cilegon-Semarang Tawang atau Lintas Utara. Sebelumnya, hanya ada dua lintasan yaitu Lintas Tengah,Jakarta Gudang- Purwosari, dan Lintas Selatan Kiaracondong - Purwosari.

Mudik Gratis dengan Kapal Laut

Sementara itu, program mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut yang hingga kini kuotanya masih tersedia. Plh. Dirjen Perhubungan Laut Capt. Antoni Arif Priadi menuturkan pendaftaran mudik gratis dengan kapal laut telah dibuka pada 23 Maret 2023.

Hingga Jumat (24/3), jumlah pendaftar untuk keberangkatan 15 April 2023 tercatat 160 motor dan 352 orang. Sementara untuk keberangkatan 17 April 2023, total pendaftar sebanyak 776 motor dan 1.762 orang.

Lalu untuk perjalanan balik, jumlah pendaftar untuk keberangkatan 25 April mencapai 253 motor dan 617 orang. Sementara untuk keberangkatan 28 April 2023, jumlah pendaftar sebanyak 710 motor dan 1.573 orang.

Secara total, program mudik gratis sepeda motor naik kapal laut, menyediakan total kapasitas arus mudik dan balik hingga 5.000 penumpang dan 2.500 sepeda motor. Capt. Antoni menyebutkan, sejumlah fasilitas yang akan didapat para peserta mudik gratis dengan kapal di antaranya yaitu dua kali makan dan dua kali camilan selama perjalanan yang diperkirakan memakan waktu sekitar 17 jam.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...