Terancam Batal, Revitalisasi Stadion Piala Dunia U20 Habiskan Rp 175 M

Tia Dwitiani Komalasari
28 Maret 2023, 06:03
Delegasi FIFA meninjau Stadion Gelora Bandung Lautan Api di Gedebage, Bandung, Jawa Barat, Jumat (24/3/2023). Kunjungan tersebut untuk melihat langsung kesiapan Stadion Gelora Bandung Lautan Api yang ditunjuk sebagai salah satu tempat latihan bagi tim yan
ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/aww.
Delegasi FIFA meninjau Stadion Gelora Bandung Lautan Api di Gedebage, Bandung, Jawa Barat, Jumat (24/3/2023). Kunjungan tersebut untuk melihat langsung kesiapan Stadion Gelora Bandung Lautan Api yang ditunjuk sebagai salah satu tempat latihan bagi tim yang berlaga pada ajang Piala Dunia U20 pada Mei 2023.

Indonesia terancam gagal menjadi tuan rumah Piala Dunia U20 di Indonesia setelah FIFA membatalkan acara drawing yang semula dijadwalkan pada 31 Maret 2023. Padahal, pemerintah Indonesia telah menghabiskan anggaran cukup besar untuk mempersiapkan penyelenggaraan Piala Dunia U20.

Salah satu dana yang dikeluarkan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara atau APBN adalah revitalisasi stadion sebesar Rp 175 miliar. Revitalisasi tersebut telah rampung dan dilakukan verifikasi oleh delegasi FIFA.

“Kami siap. Semua stadion yang masuk dalam program U20 dan tempat untuk latihan juga siap,” kata Basuki Hadimuljono saat ditemui pada sela-sela kunjungan kerjanya mendampingi Presiden Republik Indonesia Joko Widodo di Tabanan, Bali, Kamis (2/2).

Sebelumnya, Piala Dunia U20 rencananya bakal digelar di Indonesia pada 20 Mei 2023 sampai dengan 11 Juni 2023. Ada enam stadion yang telah mendapat persetujuan FIFA untuk menjadi lokasi Piala Dunia U20, yaitu:

1. Stadion Utama Gelora Bung Karno di Jakarta

2. Stadion Si Jalak Harupat di Bandung

3. Stadion Manahan di Solo

4. Gelora Bung Tomo di Surabaya

5. Stadion Jakabaring di Palembang

6. Stadion Kapten I Wayan Dipta di Gianyar, Bali.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...