Kereta Api Sulawesi Bakal Terhubung dengan Pelabuhan dan Pabrik Semen

Tia Dwitiani Komalasari
30 Maret 2023, 09:11
Kereta Api Sulawesi
Humas Kementerian Perhubungan
Kereta Api Sulawesi

Kereta api Sulawesi rute Makassar-Parepare akan dikembangkan menjadi angkutan logistik. Jalur kereta tersebut terhubung dengan Pelabuhan Garongkong dan Pabrik Semen Tonasa.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, kereta api pertama di Sulawesi tersebut tidak hanya dikembangkan untuk angkutan penumpang, namun juga logistik. Dari total jalur sepanjang 157,7 km, sepanjang 142 km-nya merupakan lintas utama, sementara 15,7 km adalah siding track yang menghubungkan kereta api dengan Pelabuhan Garongkong dan Pabrik Semen Tonasa.

“Sesuai arahan bapak Presiden bahwa konektivitas antarwilayah di Sulawesi harus ditingkatkan," kata Budi dalam keterangan tertulis, Kamis (30/3).

Advertisement

Dia mengatakan, saat ini jalur kereta yang sudah dibangun mencapai 118 km, Sepanjang 90 km di antaranya terbentang dari Stasiun Maros sampai ke Stasiun Barru dan sudah siap dioperasikan dengan melintasi 10 stasiun.

Sarana yang akan digunakan pada jalur kereta api ini adalah Kereta Rel Diesel Elektrik (KRDE) buatan dalam negeri dari PT INKA sebanyak 2 (dua) set rangkaian dan mampu menampung 248 orang/rangkaian.

Pangkas Waktu Tempuh

Budi mengatakan, kereta api ini mampu melaju hingga 90 km per jam, sehingga memangkas waktu tempuh dari Makassar menuju Parepare yang semula 3 jam menjadi 1,5 jam saja. Rencananya, kereta ini akan dioperasikan 8 perjalanan per hari.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement