Penjualan Thrifting Pasar Senen Disetop, Pedagang Boleh Habiskan Stok

Nadya Zahira
31 Maret 2023, 05:44
Penjual menunggu pembeli di salah satu toko di Pasar Senen, Jakarta, Kamis (30/3).
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Penjual menunggu pembeli di salah satu toko di Pasar Senen, Jakarta, Kamis (30/3).

Penjualan barang bekas atau thrifting Pasar Senen akan dihentikan oleh pemerintah. Namun demikian, pedagang diizinkan untuk berjualan sampai barang dagangannya habis.

Hal itu mengemuka saat Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, dan Anggota DPR RI Komisi V, Adian Yunus Yusak Napitupulu melakukan dialog bersama 2.000 pedagang pakaian bekas impor di Pasar Senen Blok III, Jakarta Pusat, Kamis (30/3).

Advertisement

"Kita masih izinkan pedagang untuk berjualan hingga stoknya habis. Kalau barang dagangannya habis gimana? Nanti kita bertemu lagi untuk membahas kelanjutannya, tidak mungkin pemerintah mau rakyatnya susah," ujarnya di Pasar Senen, Kamis (30/3).

Dia mengatakan, pertemuan tersebut dilakukan untuk menemukan solusi yang tepat jika aktivitas penjualan thrifting dimusnahkan. Selain itu, dia mengatakan bahwa pemerintah tidak akan membrikan sanksi pada pedagang melainkan kepada para penyelundup pakaian bekas impor.

"Kami akan cari penyelundupnya. Karena barang bekas impor saja tidak boleh, apa lagi barang bekas impor yang diselundupkan," kata dia.

Penjualan Barang Bekas Pasar Senen Bakal Dihentikan

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan, kedepannya perdagangan dan penyelundupan baju bekas impor harus segera diberhentikan. Hal itu dilakukan demi melindungi pasar dalam negeri.

"Karena ini kebijakan pemerintah, ada Undang-undangnya terkait larangan impor barang-barang bekas ilegal, maka ke depan pakaian ilegal untuk pedagang dan penyelundupannya harus diberhentikan,"kata Teten.

Teten menegaskan bahwa dirinya juga perlu melindungi para pelaku UMKM untuk menjual produknya. Apalagi produk tersebut berasal dari dalam negeri bukan impor.

"Pemerintah harus melindungiUMKM, malah kata Pak Presiden, produk lokal harus menguasai pasar di indonesia," ujarnya.

Teten mengatakan pemerintah menginisiasi agar para pedagang di Pasar Senen dan Gedebage dapat mengganti aktivitasnya dari semula menjual barang bekas impor menjadi barang lokal.  Para pedagang di kedua pasar ini biasanya menjual barang bekas impor ilegal.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement