Bansos Beras Mulai Disalurkan ke 21,3 Juta Keluarga Hari Ini

Nadya Zahira
31 Maret 2023, 14:11
Warga membawa beras bulog pada operasi pasar murah Ramadhan di Kantor Kecamatan Manonjaya, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Senin (21/3/2023).
ANTARA FOTO/Adeng Bustomi/hp.
Warga membawa beras bulog pada operasi pasar murah Ramadhan di Kantor Kecamatan Manonjaya, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Senin (21/3/2023).

Pemerintah mulai menggelontorkan bantuan sosial atau bansos berupa beras secara bertahap. Kepala Badan Pangan Nasional atau Bapanas, Arief Prasetyo Adi mengatakan, proses regulasi terkait penyaluran bantuan ini sudah selesai sehingga sudah dapat disalurkan ke penerima manfaat. 

"Pendistribusian bantuan ini sudah bisa dieksekusi oleh Bulog mulai 31 Maret 2023 dan dilaksanakan secara bertahap untuk disalurkan ke 21,353 juta KPM sesuai data dari Kementerian Sosial," ujar Arief dalam keterangannya di Jakarta, Jumat (31/3)

Arief mengatakan, bantuan pangan berupa beras ini merupakan tindak lanjut arahan Presiden Joko Widodo atau Jokowi dalam Rapat di Istana bersama Menteri dan Kepala Lembaga . Bansos beras diberikan dalam rangka menjaga stabilitas pangan dan menekan lonjakan inflasi. 

"Seperti yang kita sampaikan dalam beberapa kesempatan sebelumnya, bantuan beras ini akan kita segera disalurkan kepada masyarakat mulai akhir Maret hingga Mei 2023," kata dia.

Arief menuturkan, bantuan pangan yang disalurkan sebelum Lebaran hingga tiga bulan ke depan ini adalah tindak lanjut arahan Presiden dalam upaya pengendalian inflasi. Hal itu mengingat terdapat peningkatan permintaan bahan pangan pada momentum Ramadan dan Idul Fitri tahun ini .

"Jadi ini kita harapkan dapat mengurangi beban pengeluaran masyarakat penerima bantuan," ungkap Arief.

Dibutuhkan 630 ribu Ton Beras

Untuk memenuhi kebutuhan penyaluran bantuan beras ini, dibutuhkan total sekitar 630 ribu ton beras. Pada bulan pertama, 210 ribu ton akan digelontorkan oleh Bulog kepada penerima bantuan.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...