Daftar 7 Orang Terkaya Dunia Versi Forbes, Elon Musk Posisi Kedua

Nadya Zahira
5 April 2023, 15:51
Elon Musk
Istimewa

Pemilik brand Tas Mewah, Bernard Arnault, kembali menjadi orang terkaya dunia versi majalah Forbes. Total kekayaan Arnault mencapai Us$ 211 miliar atau Rp 3.149 triliun (kurs rupiah Rp 14.928 per Dolar AS), mengungguli Elon Musk yang berada di posisi kedua.

Dikutip dari Forbes, tahun ini merupakan masa yang suram bagi 2.640 miliarder dunia, termasuk mereka yang berada di posisi teratas. Pada tahun ini, jumlah harga 25 orang terkaya dunia mencapai US$ 2,1 triliun atau Rp 31.348 triliun. Angka tersebut turun US$ 200 miliar dari tahun lalu sebesar US$ 2,3 triliun atauRp 34.334 triliun.

Advertisement

Jeff Bezos mengalami penurunan kekayaan terbesar hingga mencapai US$ 57 imbas saham Amazon yang anjlok hingga 38%. Hal itu menyebabkan dia tersingkir dari posisi orang terkaya kedua dan menjadi nomor tiga tahun ini.

Tak hanya Jeff Bezos, Elon Musk juga mengalami hal yang lebih buruk. Dia gagal meraih gelar orang terkaya di dunia setelah pembelian Twitter yang begitu mahal, di mana sebagian didanai oleh penjualan saham Tesla. 

Warga Amerika mendominasi peringkat teratas miliarder, kemudian diikuti oleh Prancis dan India. Sebagian besar miliarder di posisi teratas tersebut menghasilkan uang dari bidang teknologi dan fashion, serta ritel.

Daftar 7 orang Terkaya di Dunia versi Forbes, adalah:

1. Bernard Arnault

Miliarder asal Prancis, Bernard Arnault, mempertahankan posisinya sebagai orang terkaya dunia dengan kekayaan bersih sebsar US$ 211 miliar atau Rp 3.149 triliun. Pria berusia 74 tahun ini merupakan pemilik brand mewah seperti Louis Vuitton, Christian Dior, dan Tiffany & Co. 

Perusahaa dengan kode saham LVMH ini mencetak rekor tertinggi baik dari segi pendapatan, laba, dan saham. Hal itu membantu menambah kekayaan Arnault sebesar US$ 53 miliar selama 12 bulan terakhir.

Dengan kekayaan yang lebih besar dari sebelumnya, Arnault kini merencanakan untuk mengusulkan reorganisasi perusahaan induknya, Agache, yang memegang sebagian besar saham LVMH. Reorganisasi itu untuk memberikan saham yang sama besar kepada kelima anaknya.

2. Elon Musk

Miliarder asal Amerika Serikat, Elon Musk, menempati posisi kedua dengan kekayaan bersih sebesar US$ 180 miliar atau Rp 2.687 triliun. Kekayaan Musk turun US$ 39 miliar akibat penurunan saham Tesla hampir 50% setelah pria berusia 51 tahun tersebut memutuskan untuk membeli twitter senilai US$ 44 miliar pada April 2022.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement