Pelabuhan Merak Hanya untuk Roda 4 Saat Mudik, Motor Melalui Ciwandan

Nadya Zahira
11 April 2023, 11:51
Foto udara pemudik bersepeda motor antre untuk memasuki Pelabuhan Merak di Banten, Sabtu (30/4/2022).
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/tom.
Foto udara pemudik bersepeda motor antre untuk memasuki Pelabuhan Merak di Banten, Sabtu (30/4/2022).

Kementerian Perhubungan atau Kemenhub menyiapkan Pelabuhan Ciwandan untuk mengurai kepadatan di Pelabuhan Merak selama masa Angkutan Lebaran 2023. Pelabuhan Merak-Bakauheni akan dikhususkan untuk kendaraan roda empat, sementara sepeda motor dan angkutan barang dialihkan melalui Pelabuhan Ciwandan-Panjang.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, Pelabuhan Merak – Bakauheni menjadi salah satu titik krusial yang menjadi perhatian utama. Harapannya, kepadatan penumpang dan kendaraan di masa arus mudik dan balik masih terkendali. 

"Esensi mudik kali ini lebih waspada terhadap volume yang bertambah pesat," ujar Budi melalui keterangan tertulis, Selasa (11/4).

Ia mengatakan, tambahan pelabuhan diharapkan bisa menekan VC Ratio bisa di angka 0,6. Artinya, arus lalu lintas pelabuhan lancar dan kepadatan kendaraan masih bisa dikendalikan.

Budi mengatakan, kejadian pada mudik lebaran tahun lalu menjadi pelajaran berharga bagi pemangku kepentingan. Pemerintah berupaya betul-betul mempersiapkan arus mudik dan balik lebaran lebih baik lagi pada tahun ini. 

Penjualan Tiket Hanya Lewat Online

Kemenhub menyiapkan armada kapal sebanyak 65 unit kapal di Pelabuhan Merak-Bakauheni, 12 unit kapal roro di Ciwandan dan 3 unit kapal pelni untuk Ciwandan-Panjang.  Kapasitas parkir kendaraan di area pelabuhan juga ditambah dengan merelokasi kantor Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan atau ASDP Merak. 

Selain itu, Kemenhub juga menyiapkan buffer zone di KM 68, Km 89 dan Km 97 di tol arah Merak. Selain untuk mengendalikan arus lalin, tempat ini juga akan digunakan untuk memastikan penumpang sudah memiliki tiket yang dibeli secara daring atau online.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...