Stok Beras Bulog Anjlok di Tengah Panen Raya, CBP Hanya 267.446 ton

Tia Dwitiani Komalasari
11 April 2023, 16:37
Pekerja mengangkut beras untuk didistribusikan di gudang Bulog, Aceh Besar, Aceh, Selasa (11/4/2023). Berdasarkan data Badan Pusat Staristik, panen raya pada Pebruari dan Maret 2023 di lahan seluas 2,9 juta hektare dengan rata-rata produksi sebanyak lima
ANTARA FOTO/Irwansyah Putra/nym.
Pekerja mengangkut beras untuk didistribusikan di gudang Bulog, Aceh Besar, Aceh, Selasa (11/4/2023). Berdasarkan data Badan Pusat Staristik, panen raya pada Pebruari dan Maret 2023 di lahan seluas 2,9 juta hektare dengan rata-rata produksi sebanyak lima ton per hektare itu telah mencukupi ketersediaan kebutuhan Idul Fitri 1444H.

Cadangan Beras Pemerintah atau CBP yang dikuasai Perum Bulog mencapai  267.446 ton per 6 April 2023. Jumlah tersebut jauh di bawah CBP ideal Bulog yaitu mencapai 1,2 juta-1,5 juta ton.

Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso mengatakan, total stok beras yang dikuasai Bulog saat ini mencapai 283.883 ton. Selain CBP, Bulog juga memiliki stok beras komersial sebesar 16.437 ton.

Advertisement

"Adapun jumlah stok yang dikuasai ke depan akan bertambah seiring dengan penyerapan dari panen raya," ujar pria yang akrab disapa Buwas tersebut saat Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi VI DPR RI, Selasa (11/4).

Stok Beras Bulog Rendah di Tengah Panen Raya

Stok Bulog yang rendah tersebut terjadi saat panen raya, di mana biasanya pasokan beras dari petani melimpah. Itu artinya, serapan gabah atau beras dari Petani sangat rendah.

Guru Besar Institut Pertanian Bogor, Dwi Andreas, mengatakan stok beras yang rendah tersebut seharusnya tidak terjadi karena sudah ditopang impor beras yang masuk awal 2023. 

"Berarti ada masalah yang krusial sehingga serapa Bulog dari hasil produksi petani dalam negeri amat sangat rendah," kata Dwi.

Dia mengatakan,  kondisi tersebut terjadi karena harga pembelian pemerintah atau HPP yang ditawarkan Bulog lebih rendah dari harga pasar. Misalnya saja HPP gabah kering petani hanya Rp 5.000 per kg. Sementara harga GKP di pasar mencapai Rp 5.500 per kg.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement