Bansos Telur dan Daging Ayam Mulai Disalurkan, Tahap Awal 4 Provinsi

Tia Dwitiani Komalasari
15 April 2023, 13:57
Warga antre membeli telur ayam saat kegiatan pasar murah bertajuk "Gerakan Pangan Murah" di Mejobo, Kudus, Jawa Tengah, Jumat (14/4/2023).
ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho/nym.
Warga antre membeli telur ayam saat kegiatan pasar murah bertajuk "Gerakan Pangan Murah" di Mejobo, Kudus, Jawa Tengah, Jumat (14/4/2023).

Bantuan Sosial atau bansos Telur dan Ayam mulai disalurkan hari ini, Sabtu (15/4). Untuk tahap awal, bantuan diberikan pada keluarga penerima manfaat di empat provinsi. 

Kepala Badan Pangan Nasional atau Bapanas, Arief Prasetyo Adi, mengatakan bantuan telur dan daging ayam disalurkan untuk memperkuat program penanganan stunting. Sebelumnya, pemerintah juga telah menyalurkan bantuan beras yang secara resmi diluncurkan Bapak Presiden di Sukoharjo Jawa Tengah pada Senin (10/4).

Advertisement

"Hari ini Sabtu (15/4), penyaluran bantuan telur dan daging ayam sudah mulai didistribusikan ke kelompok sasaran yaitu keluarga beresiko stunting secara by name by address," ujar Kepala Bapanas Arief Prasetyo Adi dalam acara penyaluran perdana bantuan penanganan stunting di Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (15/4).

Disalurkan Sampai Juni 2023

Arief mengatakan, bansos telur dan daging ayam ini akan disalurkan selama tiga bulan ke depan mulai April, Mei, dan Juni 2023. Sasaran penerima sebanyak 1,4 juta Keluarga Berisiko Stunting (KRS) berdasarkan data dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN).

Bantuan yang disalurkan terdiri dari daging ayam ukuran 1 ekor karkas atau sekitar 0,9-1,1 kg dan 1 tray telur ayam atau sebanyak 10 butir. Untuk Tahap awal sebelum Idul Fitri ini bantuan akan disalurkan kepada 78 ribu KRS yang tersebar di Jawa Tengah, Jawa Timur, Banten, dan Jawa Barat.

"Secara keseluruhan, total bantuan sendiri akan didistribusikan di 7 provinsi dengan 3 provinsi lainnya yaitu Sumatera Utara, Nusa Tenggara Timur, dan Sulawesi Barat,” katanya.

Untuk tahap pertama ini, penyaluran di Provinsi Jawa Tengah akan dilakukan kepada sekitar 68 ribu KRS yang berada di Kabupaten Kebumen, Banyumas, dan Banjarnegara.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement