KAI Siapkan 303 Kereta Tambahan untuk Keberangkatan Gambir dan Senen

Tia Dwitiani Komalasari
15 April 2023, 19:27
Petugas melayani pemudik melakukan check in di Stasiun Gambir, Jakarta, Jumat (14/4/2023). KAI Daop 1 Jakarta mencatat per 14 April 2023 terdapat keberangkatan 12.700 pemudik dari Stasiun Gambir pada masa angkutan Lebaran 2023.
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/rwa.
Petugas melayani pemudik melakukan check in di Stasiun Gambir, Jakarta, Jumat (14/4/2023). KAI Daop 1 Jakarta mencatat per 14 April 2023 terdapat keberangkatan 12.700 pemudik dari Stasiun Gambir pada masa angkutan Lebaran 2023.

PT Kereta Api Indonesia (Perseo) Daerah Operasi I atau KAI Daop I menyiapkan 303 kereta api tambahan untuk menghadapi lonjakan penumpang di Stasiun Gambir dan Pasar Senen. Dengan demikian, total terdapat 1.513 perjalanan KA untuk keberangkatan dari Stasiun Pasar Senen dan Gambir pada masa angkutan lebaran mulai 12 April hingga 3 Mei 2023.

Kepala Hubungan Masyarakat PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa mengatakan kereta api tambahan tersebut tersedia untuk sejumlah perjalanan relasi favorit seperti tujuan Yogyakarta, Semarang, Solo, Blitar, Surabaya, dan Malang.

Advertisement

Secara total, PT KAI Daop 1 Jakarta sudah menyiapkan hingga 1 juta tiket Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) untuk masa mudik H-10 hingga H+10 lebaran. Per Sabtu atau H-7 lebaran, sekitar 548.000 tiket untuk keberangkatan dari Stasiun Pasar Senen dan Gambir sudah terjual. Khusus di Stasiun Pasar Senen, sekitar 23.500 pemudik berangkat pada Sabtu (15/4).

Eva mengatakan saat ini masih ada tiket mudik lebaran yang belum terjual. Hingga saat ini pembelian tiket masih bisa dilakukan oleh calon pemudik.

Namun, dia mengimbau agar calon pemudik memilih pada hari alternatif selain puncak arus mudik. Pasalnya, tingkat okupansi penumpang sudah mencapai 88 hingga 100 persen pada periode keberangkatan 17-23 April 2023.

Dia mengatakan, KAI masih melayani penjualan tiket secara offline di loket stasiun atau "go show" mulai 3 jam sebelum jadwal keberangkatan kereta api. Meski begitu, Eva tetap menyarankan agar calon penumpang melakukan pembelian tiket secara daring untuk memudahkan proses keberangkatan.

Pemesanan daring bisa dilakukan melalui aplikasi KAI Access, website kai.id, contact center 121, dan berbagai mitra penjualan resmi yang bekerja sama dengan KAI.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement