Indonesia Bakal Suplai Baterai Listrik untuk Audi hingga Lamborghini

Tia Dwitiani Komalasari
18 April 2023, 13:46
Presiden Joko Widodo bertemu dengan CEO PowerCo Frank Blome dan CPO PowerCo Jorg Teichmann di Hannover, Jerman, Minggu (16/4)
Humas BKPM
Presiden Joko Widodo bertemu dengan CEO PowerCo Frank Blome dan CPO PowerCo Jorg Teichmann di Hannover, Jerman, Minggu (16/4)

Volkswagen berencana untuk investasi membangun industri baterai kendaraan listrik secara terpadu di Indonesia. Investasi dilakukan melalui anak perusahaannya,  PowerCo, yang ditargetkan menyuplai 80% produk baterai listrik kepada sejumlah merek otomotif di bawah naungan Volkswagen Group yaitu Audi, Skoda, Lamborghini, Porsche, Bentley dan Ducati.

Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadalia mengatakan Presiden Joko Widodo telah bertemu dengan CEO PowerCo Frank Blome dan CPO PowerCo Jorg Teichmann hari minggu sore (16/4) saat kunjungannya ke Hannover, Jerman. Pertemuan ini membahas rencana investasi PowerCo, untuk membangun industri baterai kendaraan listrik secara terpadu di Indonesia.

Bahlil menyatakan apresiasi dan akan memberikan pengawalan terhadap rencana investasi Volkswagen ini. Rencana investasi Volkswagen di Indonesia ditargetkan untuk menyuplai produk baterai listrik kepada sejumlah merek otomotif di bawah naungan VW Group.

 “VW akan bekerja sama dengan beberapa perusahaan nasional dan asing. Kami siap mengawal agar rencana investasinya segera terealisasi,” ujar Bahlil dalam keterangan tertulis yang disampaikan Selasa (18/4).

Investasi RI Tak Hanya dari Asia

 Menurut Bahlil, rencana investasi dari Jerman ini merupakan momentum yang tepat untuk menyampaikan kepada dunia bahwa Indonesia terbuka dalam menarik investasi yang tidak hanya dari benua Asia, tapi juga dari benua Eropa.

 “Saya pikir ini sebagai bentuk investasi inklusif sekaligus dapat menganulir cara berpikir dunia internasional yang menganggap pertambangan di Indonesia tidak memperhatikan kaidah-kaidah internasional,” kata Bahlil dalam pernyataan persnya kemarin malam (16/4).

 PowerCo SE merupakan anak perusahaan Volkswagen yang didirikan tahun 2022 dan berkantor pusat di Salzgitter, Jerman. Perusahaan menjalankan semua aktivitas baterai Volkswagen Group, mulai dari memproses bahan mentah, mengembangkan baterai hingga mengelola gigafactories Eropa.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...