Erick Thohir Perketat Aturan Liga, Suporter Rusuh Akan Mengurangi Poin

Andi M. Arief
19 April 2023, 15:12
Pendukung Persib Bandung menyalakan suar usai laga BRI Liga 1 melawan Persikabo di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Bandung, Jawa Barat, Sabtu (15/4/2023). Pendukung Persib Bandung meluapkan kekecewaannya dengan menyalakan suar serta petasan dan memasuk
ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/aww.
Pendukung Persib Bandung menyalakan suar usai laga BRI Liga 1 melawan Persikabo di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Bandung, Jawa Barat, Sabtu (15/4/2023). Pendukung Persib Bandung meluapkan kekecewaannya dengan menyalakan suar serta petasan dan memasuki lapangan usai kekalahan Persib Bandung atas Persikabo dengan skor 1-4.

Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia Erick Thohir berencana memperketat peraturan terkait suporter selama pertandingan liga PSSI. Hal tersebut merupakan respon dari kerusuhan yang dilakukan suporter Persib Bandung atau Bobotoh saat kontra Persikabo 1973, Sabtu (15/4).

Sebagai informasi, Persib tunduk pada Persikabo dengan skor akhir 1-4. Menyikapi hal tersebut, Bobotoh menyalakan flare dan turun ke lapangan utama Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Bandung, Jawa Barat.

Erick berencana untuk mengikat perilaku suporter kepada prestasi klub pada masa depan. Menurutnya, sebagian pemilik klub telah menyetujui rencana tersebut.

"Kalau ada problem lain seperti yang kemarin, kita kurangi poin saja. Supaya klub dan suporter punya tanggung jawab yang sama," kata Erick di Gedung GBK Arena, Rabu (19/4).

Hukuman Berat Bagi yang Atur Pertandingan

Selain itu, Erick mengusulkan hukuman untuk klub yang melakukan pengaturan pertandingan atau match fixing akan langsung didegradasi. Sementara itu, pihak-pihak terkait seperti wasit dan pemain dihukum seumur hidup.

Erick menyampaikan hukuman tersebut merupakan upaya adopsi peraturan Federazione Italiana Giuoco Calcio atau FIGC. Seperti diketahui, FIGC mengurangi poin Juventus FC sebanyak 15 poin sebagai sanksi karena melanggar pasal administrasi.

"Artinya apa? Bisa kita melakukan sesuatu yang berbeda atas atas kesepakatan dan beberapa klub bilang tertarik," ujar Erick.

Untuk diketahui, Federation Internationale de Football Association (FIFA), selaku induk organisasi sepak bola dunia, memiliki Stadium Safety and Security Regulations atau Aturan Keselamatan dan Keamanan di Stadion.

Di dalamnya, FIFA merinci langkah-langkah keselamatan dan keamanan minimum yang harus dimiliki penyelenggara pertandingan dan pengelola stadion, untuk memastikan keselamatan, keamanan, dan ketertiban di stadion. Hal ini termasuk mengatur kode etik di stadion dalam menangani pertandingan dengan risiko tinggi, seperti Arema FC melawan Persebaya ini.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...