Ganjil Genap Tol Trans Jawa Berlaku Mulai Hari Ini, Berikut Rinciannya

Tia Dwitiani Komalasari
26 April 2023, 10:54
Foto udara antrean sejumlah kendaraan di Gerbang Tol Cikampek Utama 2 di Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Selasa (25/4/2023). Lalu lintas arus balik menuju Jakarta pada arus balik H+3 terpantau rami lancar dan pemberlakuan contraflow sampai KM 47 Jakarta-C
ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/YU
Foto udara antrean sejumlah kendaraan di Gerbang Tol Cikampek Utama 2 di Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Selasa (25/4/2023). Lalu lintas arus balik menuju Jakarta pada arus balik H+3 terpantau rami lancar dan pemberlakuan contraflow sampai KM 47 Jakarta-Cikampek hingga pukul 24.00 WIB.

Sistem Ganjil Genap di Tol Trans Jawa berlaku mulai hari ini Rabu (26/4) hingga Jumat (28/4). Rekayasa lalu lintas tersebut berlaku setiap pukul 08.00 sampai dengan pukul 24.00 waktu setempat mulai dari KM 414 (Gerbang Tol Kalikangkung) sampai dengan KM 47 (Karawang Barat).

Penerapan ganjil genap tersebut sesuai dengan Keputusan Bersama yang diterbitkan oleh Kementerian Perhubungan dan Polri.

 “Oleh karena itu, kami minta bagi masyarakat yang akan kembali atau melakukan perjalanan pada arus balik ini dapat mengatur waktu perjalanan dan mematuhi arahan petugas di lapangan. Jika nanti terjadi perubahan arus lalu lintas, maka ketentuan akan tetap mengikuti diskresi Kepolisian,”  kata Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Hendro Sugiatno, melalui keterangan tertulis pada Rabu (26/04).

Selain ganjil genap, Polri dan Kemenhub juga masih memberlakukan sistem satu arah atau one way mulai dari KM 414 (Gerbang Tol Kalikangkung) sampai dengan KM 72 (Cikampek). Sementara pada  KM 72 (Cikampek) sampai dengan KM 47 (Karawang Barat) masih diberlakukan sistem jalur atau contra flow.

Angkutan Barang Masih Dibatasi

Sementara itu, pembatasan angkutan barang diperpanjang. Dirjen Hubdat dan Kakorlantas menetapkan penambahan waktu pengaturan pembatasan operasional angkutan barang pada hari Rabu, 26 April 2023 pukul 00.00 sampai dengan hari Jumat, 28 April 2023 pukul 24.00 WIB.

“Sebelumnya pembatasan truk sumbu 3 hanya sampai tanggal 26 April dan dilanjut kembali pada 29 April, namun kini kami putuskan untuk ada penambahan waktu mulai Rabu 26 April pukul 00.00 hingga Jumat 28 April pukul 24.00. Demikian pula ada penyesuaian ruas jalan tol dan non tol yang dibatasi,” kata Hendro.

Untuk pembatasan di ruas jalan tol berlaku sebagai berikut:
1. DKI Jakarta – Banten: Jakarta – Tangerang – Merak.

2. DKI Jakarta dan Jawa Barat:
a) Jakarta – Bogor – Ciawi – Cigombong;
b) Cigombong – Cibadak (Fungsional);
c) Bekasi – Cawang – Kampung Melayu; dan
d) Jakarta – Cikampek.

3. Jawa Barat:
a) Cikampek – Purwakarta – Padalarang – Cileunyi;
b) Cikampek – Palimanan – Kanci;
c) Jakarta – Cikampek II Selatan (Fungsional);
d) Cileunyi – Cimalaka; dan
e) Cimalaka – Dawuan (Fungsional);

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...