Populer Sebagai Merek Lokal, Eiger Akui Sebagian Produknya Buatan Cina

Nadya Zahira
3 Mei 2023, 13:09
Eiger Made In Cina
twitter @wik_anggoro

Produsen pakaian dan peralatan rekreasi alam, PT Eigerindo Multi Produk Industri atau Eiger, buka suara soal produknya yang viral di media sosial karena berlabel buatan Cina atau Made in Cina. Label tersebut membuat sejumlah warganet mempertanyakan keaslian produk itu lantaran Eiger dikenal sebagai merek asli Indonesia tepatnya dari Kota Bandung, Jawa Barat.

PR Executive Eiger, Shulhan Syamsur Rijal, membenarkan bahwa produk yang viral tersebut asli dikeluarkan oleh Eiger. Menurut dia, Eiger merupakan produk lokal atau asli Indonesia, tetapi tidak menutup kemungkinan untuk memasok produk dari luar negeri seperti Cina.

"Itu memang original produk Eiger. Nomor artikelnya mengarah ke produk topi," kata Shulhan  melalui keterangan resminya, Rabu (3 /5)

Shulhan menuturkan, Eiger menetapkan diri sebagai perusahaan ritel dan distribusi. Dengan demikian, banyak produk yang dihasilkan dari pemasok baik Indonesia maupun luar Indonesia.

Alasan Eiger Produksi di Cina

Menurut Shulhan, Eiger memiliki sejumlah alasan sehingga memutuskan untuk mengambil produk dari luar Indonesia. Salah satunya karena teknologi dan bahannya belum bisa didapatkan secara masif di Indonesia.

"Jadi sama sekali bukan karena alasan SDM. Tetapi memang kaitannya itu dengan quality and development, kualitas standar bahan yang sesuai standar Eiger. Pasalnya, beberapa produk dengan jumlah sangat minor, itu tidak bisa disiapkan di Indonesia," kata Shulhan.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...