Peritel Ancam Setop Jual Minyak Goreng, Pengusaha Sawit Bakal Rugi

Nadya Zahira
10 Mei 2023, 14:22
Karyawan menyusun minyak goreng kemasan yang dijual di salah satu minimarket di Palembang, Sumatera Selatan, Rabu (19/1/2022). Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi menetapkan kebijakan satu harga minyak goreng kemasan premium ataupun sederhana yakni Rp14.00
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/hp.
Karyawan menyusun minyak goreng kemasan yang dijual di salah satu minimarket di Palembang, Sumatera Selatan, Rabu (19/1/2022). Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi menetapkan kebijakan satu harga minyak goreng kemasan premium ataupun sederhana yakni Rp14.000 per liter yang dijual di seluruh minimarket mulai Rabu (19/1/2022). ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/hp.

Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia atau Gapki meminta Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia atau Aprindo untuk mencabut opsi boikot penjualan minyak goreng di ritel modern. Boikot tersebut dapat berimbas terhadap keberlangsungan hidup petani kelapa sawit dan juga produsen minyak goreng.

Ketua Umum Gapki Eddy Martono mengatakan, Aprindo sebaiknya tidak melakukan ancaman kepada pemerintah untuk boikot penjualan minyak goreng di ritel. Opsi itu hanya menambah permasalahan baik di pemerintah, produsen minyak goreng, hingga petani kelapa sawit.

Menurut dia, industri hulu akan terganggu jika pengusaha ritel enggan menjual minyak goreng. Kondisi itu akan berdampak pada petani sawit karena hasil tanamnya tidak bisa diserap optimal.

"Jadi kalau hilirnya terganggu, sudah pasti kami yang sebagai hulu juga akan terganggu, kami bisa rugi karena pembelian di kebun menjadi berkurang" kata Eddy saat dihubungi Katadata.co.id, Rabu (10/5).

Namun demikian, Eddy belum bisa menyebutkan potensi kerugian yang ditanggung pelaku indusri hulu. Dia berharap, pemerintah bersama Aprindo dan stakeholder terkait lainnya dapat duduk bersama dan menyelesaikan permasalahan utang rafaksi tersebut dengan baik. Denga demikian, tidak ada pihak manapun yang dirugikan atas permasalahan tersebut.

"Saya dengar Kementerian Perdagangan akan lakukan pertemuan dengan Aprindo dan produsen minyak goreng, saya harap ini bisa menemukan titik terangnya," kata dia.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...