Gambaran Istana Negara di IKN, Luas 100 Hektare dan Ada Taman Botani

Nadya Zahira
16 Mei 2023, 09:48
Suasana proses pembangunan istana presiden di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Sabtu (25/2/2023).
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/aww.
Suasana proses pembangunan istana presiden di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Sabtu (25/2/2023).

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR tengah menggenjot pembangunan Istana Negara di Ibu Kota Nusantara atau IKN. Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN, Danis Hidayat Sumadilaga, mengatakan progres pembangunan istana negara tersebut saat ini mencapai 12%. 

"Jadi yang sangat kita monitor beberapa kali,  itu adalah progres pembangunan istana negara. Sejauh ini baik ya progresnya, sekitar 12% lebih untuk istana negara dan kawasan kantor presiden," ujarnya dalam sesi teleconference bersama awak media, Senin (15/5).

Danis optimis istana negara di IKN bisa rampung sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan oleh pemerintah.  Sebagai informasi, Presiden Joko Widodo menargetkan bisa melangsungkan upacara Hari Ulang Tahun atau HUt Kemerdekaan Ri ke-79 di Istana Negara IKN pada 17 Agustus 2024.

"Di depan istana presiden itu ada area lapangan yang menjadi rencana untuk upacara 17 Agustus 2024. Sejauh ini progres masih on track schedule 1 atau 2% dari rencana. Jadi kita upayakan bahwa progresnya sesuai dengan rencana. Sehingga Insya Allah pada Agustus 2024 bisa digunakan," kata Danis.

Dibangun di Atas Lahan 100 Hektare

Dia menyebutkan, Istana Negara di IKN dibangun di atas lahan seluas 100 hektare. Untuk kawasan istana negara memiliki luas 50 ha, sementara 50 hektare lainnya merupakan taman botani.

Dikutip dari situs Kemenparekraf,  dibangun di daerah Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Luas area bangunan hanya 8%, sedangkan sisanya 92% akan ditata menjadi ruang terbuka hijau. Istana Kepresidenan akan terdiri dari beberapa bangunan, antara lain:

  1. Lapangan Upacara

  2. Bangunan Istana

  3. Bangunan Kantor Presiden

  4. Bangunan Kantor Sekretariat Presiden

  5. Bangunan Kantor Staf Khusus

  6. Bangunan Paviliun Presiden

  7. Bangunan Wisma Negara

    Halaman Selanjutnya
    Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...