Luhut Bertemu Wakil Menteri Korsel, Bahas Kerja Sama Kendaraan Listrik

Tia Dwitiani Komalasari
16 Mei 2023, 16:05
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut B. Pandjaitan, bertemu dengan Wakil Menteri Perdagangan, Industri, dan Energi Republik Korea Y. M. Jang Young Jin pada Selasa (9/5).
Kemenko Marves
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut B. Pandjaitan, bertemu dengan Wakil Menteri Perdagangan, Industri, dan Energi Republik Korea Y. M. Jang Young Jin pada Selasa (9/5).

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut B. Pandjaitan, bertemu dengan Wakil Menteri Perdagangan, Industri, dan Energi Republik Korea Y. M. Jang Young Jin pada Selasa (9/5). Pertemuan ini membahas tentang potensi kerja sama di teknologi tingkat tinggi dan inovasi, termasuk kendaraan listrik.

Luhut mengatakan, kerja sama tersebut mengenai dukungan ekosistem kendaraan listrik dan baterai lithium. Saat ini, Indonesia sudah menjalin kerja sama dengan Hyundai Motor.

Dia berharap agar perusahaan Korea dapat meningkatkan investasi di sektor kendaraan listrik. Hal itu khususnya untuk precursor dan katoda

 “Nantinya, kita akan mampu mengekspor kendaraan yang diproduksi di Indonesia ke negara ASEAN, Australia, Afrika, dan semua negara setir kanan di dunia,” ujar Luhut.

Laporan International Energy Agency menunjukkan, jumlah mobil listrik tipe Fuel-Cell Electric Vehicle atau FCEV global mencapai lebih dari 72.000 unit pada 2022. Jumlah itu meningkat 40% dibandingkan tahun sebelumnya (year-on-year/yoy).

Adapun FCEV alias kendaraan bebas emisi ini menggunakan hidrogen sebagai sumber energi untuk menghasilkan listrik dari sistem sel bahan bakarnya.

Berdasarkan negaranya, IEA mengatakan, Korea Selatan menguasai lebih dari setengah mobil listrik berbahan bakar hidgrogen secara global pada 2022. Tercatat, sekitar 35.000 unit mobil FCEV pada tahun lalu diproduksi dari Negeri Gingseng, atau kontribusi 41% terhadap angka global.

“Hal ini sebagian dapat dikaitkan dengan lanskap kebijakan yang mendukung produksi dan penjualan FCEV, yang juga menjadikan Hyundai sebagai pembuat mobil FCEV teratas,” ujar IEA dalam laporan Global EV Outlook 2023.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...