Kereta Bandara Kualanamu Diperpanjang Sampai Binjai

Tia Dwitiani Komalasari
17 Mei 2023, 09:29
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengunjungi Stasiun Binjai, Binjai, Sumatera Utara, Rabu (17/5/2023).
Kementerian Perhubungan
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengunjungi Stasiun Binjai, Binjai, Sumatera Utara, Rabu (17/5/2023).

Pemerintah memperpanjang pengoperasian kereta dari Bandara Internasional Kualanamu hingga ke Stasiun Binjai. Saat ini, kereta Bandara Kualanamu tersebut hanya beroperasi sampai Medan. 

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, mengatakan penambahan tersebut memperpanjang jalur kereta hingga 23 km. km. Proyek penambahan jalur kereta tersebut rencananya mulai dilaksanakan Desember 2023.

“Kami ingin memberikan kesempatan saudara kita yang di Binjai bisa langsung ke Bandara menggunakan kereta, "kata Budi  dikutip dari keterangan tertulis, Rabu (17/5).

Budi mengatakan, Kemenhub juga akan meningkatkan headway atau waktu tunggu antar kereta bandara menjadi 15 menit sekali.

Selain kereta bandara, Budi mengatakan, kemenhub juga akan mengoperasikan kereta api dari Stasiun Binjai–Stasiun Besitang hingga Stasiun Sei Sirah sepanjang 88,55 km.

"Kereta ini dibuat untuk mengambangkan transportasi masal perkotaan," ujarnya.

Kereta tersebut akan melewati sembilan stasiun antara lain Stasiun Binjai, Kuala Bingai, Stabat, Tanjung Selamat, Tanjung Pura, Gebat, Pangkalan Brandan, Besitang, juga Sei Sirah,. Dengan kereta tersebut, perjalanan Binjai menuju Sei Sirah dapat ditempuh selama kurang lebih 2 jam 38 menit.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...