Jalur Kereta Cepat Mulai Dialiri Listrik, Masyarakat Diminta Menjauh

Tia Dwitiani Komalasari
19 Mei 2023, 08:13
Pekerja menyelesaikan proyek pembangunan Stasiun Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) Karawang, Jawa Barat, Rabu (17/5). PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) mencatat hingga saat ini pengerjaan stasiun Karawang di lintasan kereta cepat Jakarta Bandung (K
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Pekerja menyelesaikan proyek pembangunan Stasiun Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) Karawang, Jawa Barat, Rabu (17/5). PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) mencatat hingga saat ini pengerjaan stasiun Karawang di lintasan kereta cepat Jakarta Bandung (KCJB) tersebut mencapai 92 persen dan ditargetkan akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada 18 Agustus 2023.

Penyaluran daya listrik melalui Overhead Catenary System atau Listrik Aliran Atas Kereta Cepat Jakarta-Bandung sudah dimulai. Masyarakat diminta  untuk tidak mendekati jalur Kereta Cepat Jakarta-Bandung atau KCJB karena sangat berbahaya.

General Manager Corporate Secretary KCIC Rahadian Ratry mengatakan, empat substation traksi atau gardu telah dialiri listrik dengan tegangan 27,5 kV.  Adapun empat substation traksi tersebut ditempatkan di wilayah Halim, Karawang, Walini, dan Tegalluar.

Sementara total panjang kabel kontak Overhead Catenary System atau OCS tersebut adalah 384,6 kilometer yang terpasang pada jalur KCJB sepanjang 142,3 km.

"Hari ini seluruh jaringan OCS KCJB telah dialiri listrik dengan tegangan 27,5 KV. Hal tersebut menandakan bahwa masyarakat harus berhati-hati jika beraktivitas di sekitar Jalur KCJB karena dapat tersengat listrik tegangan tinggi," ujar Rahadian dalam keterangan tertulis, Kamis (18/5).

Rahadian mengatakan, seluruh komponen, jaringan, dan sistem kelistrikan telah dilakukan pengecekan terlebih dahulu sebelum dialirkan ke OCS. Setelah dinyatakan siap, maka listrik dapat dialirkan ke OCS.

Cegah Pencurian Kabel Listrik

Rahadia mengimbau masyarakat untuk tidak mendekati jalur Kereta Cepat Jakata Bandung karena sangat berbahaya bagi dirinya maupun kelangsungan tes Commissioning KCJB.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...