Pemimpin Negara G7 Sepakat Ciptakan Dunia Bebas Senjata Nuklir

Tia Dwitiani Komalasari
22 Mei 2023, 07:46
KTT G7 Hiroshima, Jepang
www.g7hiroshima.go.jp
Pemimpin negara pada KTT G7 di Hiroshima, Jepang.

Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida menggaungkan pencapaian KTT G7 di Hiroshima, dengan mengatakan bahwa para pemimpin dari negara ekonomi maju itu sepakat untuk membangun dunia bebas senjata nuklir.

G7 adalah organisasi tujuh negara terbesar dengan ekonomi maju di dunia, yang beranggotakan Amerika Serikat, Inggris, Jerman, Prancis, Italia, Jepang, Kanada, ditambah Uni Eropa. KTT G7  berlangsung selama tiga hari di Hiroshima di tengah kekhawatiran bahwa Rusia akan menggunakan senjata nuklir dalam perangnya yang sedang berlangsung di Ukraina.

Advertisement

Dalam jumpa pers usai KTT, Minggu (21/5), Kishida menekankan bahwa para pemimpin G7 memiliki kesamaan terhadap apa yang dia sebut sebagai sasaran "idealistis" untuk membebaskan dunia dari persenjataan nuklir. Dia menambahkan bahwa ancaman penggunaan senjata nuklir tidak dapat diterima.

Sejak memutuskan untuk menjadi tuan rumah KTT di Hiroshima, Kishida telah menyuarakan visinya tentang dunia bebas nuklir bersama-sama dengan para pemimpin G7 lainnya. Hal itu termasuk tiga negara dengan kekuatan nuklir; Amerika Serikat, Inggris dan Prancis.

G7 telah mencapai konsensus tentang pentingnya catatan 77 tahun tanpa senjata nuklir--sejak serangan bom atom di Hiroshima. Kishida menegaskan kembali bahwa tidak ada pemenang dalam perang nuklir.

Di bidang keamanan regional, Kishida mengatakan bahwa negara-negara G7 mengutuk peluncuran rudal balistik Korea Utara dengan jumlah yang disebut belum pernah terjadi sebelumnya. Dia menyerukan Korea Utara untuk sepenuhnya menghentikan senjata nuklir dan program-program pengembangannya.

Kishida menambahkan bahwa G7 sepakat untuk terus menekan Korea Utara menyelesaikan masalah yang sudah berlangsung sejak lama, yakni penculikan warga negara Jepang oleh Korea Utara pada 1970-an dan 1980-an.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement