Tiga Penyebab Blok M Plaza Ramai Pengunjung Setelah Sempat Sepi

Tia Dwitiani Komalasari
22 Mei 2023, 11:49
Blok M Plaza terkoneksi dengan Stasiun MRT Jakarta.
Wabsite Blok M Plaza
Blok M Plaza terkoneksi dengan Stasiun MRT Jakarta.

Topik Blok M Plaza sedang trending di twitter pagi ini, Senin (22/5). Warganet menyoroti Blok M Plaza yang kembali ramai dengan berbagai fasilitasnya.

Blok M Plaza didirikan sejak 1990 oleh PT Pakuwon Jati Tbk. Mal ini tidak hanya menjadi pusat belanja namun juga tempat "nongkrong" anak muda Jakarta.

Namun demikian, kejayaaan Blok M Plaza sempat redup seiring dengan dibangunnya mal lain. Jumlah pengunjung Blok M Plaza turun signifikan dan pemilik toko yang ada di mal itu pun bangkrut.

Setelah pandemi, Blok M Plaza kembali bangkit di tengah banyaknya mal yang berguguran. Berdasarkan pantauan Katadata.co.id, Blok M Plaza juga ramai pengunjung baik pada hari kerja maupun akhir pekan.

Hal itu juga diamini warganet, termasuk Stephany Josephine yang berprofesi sebagai penulis sekaligus fotografer. Dalam akun twitternya @teppy87 mengatakan Blok M Plaza kini kembali ramai.

"Blok M Plaza sekarang hidup banget. Buat nonton, groceries, makan, jajan, belanja yg affordable, photobox, mana nyambung pula sama MRT, terus lingkungan sekitar mall-nya ada taman, m bloc, byk tempat ngopi. Gue kalo udh ga mau mikir & lg sering ujan selalu pilih nonton di sini," cuitnya, Minggu (21/5).

Hingga Senin (22/5) pukul 11.00 WIB, cuitannya mendapatkan 8.542 likes, 1.758 retweets, dan 1.064 kutipan. sebagian besar warganet mengamini cuitan Stephany dan membagikan pengalamannya mengunjungi Blok Plaza.

Kenapa Blok M Plaza Kembali Ramai Pengunjung?

Direktur PT Pakuwon Jati Tbk, Alexander Stefanus Ridwan Suhendra, pernah membagikan pengalamannya mengelola Blok M yang sempat sepi hingga akhirnya ramai kembali. Dia mengatakan, pihaknya melakukan inovasi agar lebih menarik pengunjung, di antaranya:

1. Terkoneksi dengan Stasiun MRT

Strategi terbesar Pakuwon Jati dalam meramaikan kembali Blok M Plaza adalah menghubungkannya dengan Stasiun MRT. Namun rencana tersebut tidaklah mudah karena banyak pihak yang menolak.

“Waktu itu tidak mudah untuk bisa menghubungkan mallnya dengan stasiun MRT Blok M, rata-rata pada menolak, tapi kita dari Pakuwon mau selangkah di muka, dan terbukti Mal Blok M Plaza sekarang ramai,” ujar Alexander saat menjadi pembicara dalam acara Blok M Green Collabs: “Shifting Into A Green Lifestyle” yang diselenggarakan Katadata.co.id, Jakarta, Minggu (4/12/2022).

Alexander mengatakan, pengunjung mal memang tidak langsung meningkat signifikan setelah terkoneksi dengan MRT. Namun seiring berjalannya waktu, Blok M Plaza mulai ramai.

“Memang di awal-awal tidak semuanya menguntungkan, tapi kita lihat hasil akhirnya dikemudian, dan ternyata cukup bagus. Bahkan pengunjung Mal Blok M Plaza yang datang dari Stasiun MRT Blok M ada 22%, tambahannya cukup lumayan,” tuturnya.

Hal itu juga dikatakan sejumlah warganet di twitter

"Sebelum ada MRT, kayanya agak mager ke Blok M Plaza. Sekarang lebih hidup, seru liatnya," kata @awanpirau.

"Blok m plaza udah jadi list mall nomer satu buat gue sih! Dulu sebelum ada mrt, blok m plaza kayak ‘mati’ gitu. Sekarang jadi rame lagi," kata @yourfuturelibra

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...