Moeldoko Ungkap Penyebab Kendaraan Listrik Sepi Peminat

Tia Dwitiani Komalasari
23 Mei 2023, 12:45
Wuling Air ev, mobil listrik buatan Indonesia, menjadi official car partner pada acara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang berlangsung di Bali pada 15-16 November 2022.
Katadata (Courtesy of Wuling)
Wuling Air ev, mobil listrik buatan Indonesia, menjadi official car partner pada acara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang berlangsung di Bali pada 15-16 November 2022.

Kepala Staf Kepresidenan sekaligus Ketua Perkumpulan Industri Kendaraan Listrik, Moeldoko, mengungkapkan alasan subsidi kendaraan listrik sepi peminat. Padahal subsidi kendaraan listrik tersebut sudah berlangsung hampir dua bulan sejak 1 April 2023.

Moeldoko mengakui bahwa kebijakan subsidi kendaraan listrik belum direspon dengan baik. Subsidi kendaraan listrik baru terserap untuk 108 unit motor listrik. Begitu juga dengan mobil listrik yang masih sepi peminat.

"Kebijakannya sangat baik dan mestinya direspon karena ini berupa subsidi, tetapi kenyataanya belum. Nah pasti ada yang salah," kata Moeldoko.

Oleh sebab itu, dia mengatakan, pemerintah tengah melakukan evaluasi agar program ini bisa diserap masyarakat. Adapun kendala penyerapan kendaraan listrik tersebut adalah:

1. Sosialisasi masih minim

Moeldoko menilai kurangnya sosialisasi menyebabkan penyerapan subsidi kendaraan listrik masih minim. Hal itu juga ditambah program yang baru saja diluncurkan.

"Sepertinya persoalan sosialisasi. Memang peraturan menteri ini baru keluar, belum lama," ujarnya Selasa (23/5).

Dia mengatakan, pemerintah akan lebih intensif melakukan komunikasi mengenai kebijakan tersebut. "Kita akan gas untuk komunikasi ke publik agar lebih paham bagaimana mekanisme yang akan dilakukan nanti," ujarnya

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...