Pemindahan Penerbangan dari Bandara Husein ke Kertajati Ditunda

Nadya Zahira
25 Mei 2023, 06:31
Calon penumpang melihat kedatangan pesawat menuju Bali yang baru tiba di Bandara Husein Sastranegara, Bandung, Jawa Barat, Kamis (17/11/2022).
ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/hp.
Calon penumpang melihat kedatangan pesawat menuju Bali yang baru tiba di Bandara Husein Sastranegara, Bandung, Jawa Barat, Kamis (17/11/2022).

Kementerian Perhubungan atau Kemenhub menunda pemindahan dari Bandara Husein Sastranegara Bandung ke Bandara Kertajati Majalengka, di Jawa Barat. Pemindahan penerbangan tersebut belum bisa dilakukan sesuai rencana sebelumnya yaitu pada Juli 2023.

"Jadi belum bisa dilakukan pada Juli tahun ini," ujar Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati kepada awak media, di Gedung DPR RI, Jakarta, Rabu (24/5).

Dia mengatakan, Kemenhub masih melakukan diskusi dengan stakeholder terkait seperti maskapai penerbangan, operator, TNI, serta pihak lainnya untuk mematangkan rencana pemindahan tersebut.

Adita menuturkan, perpindahan penerbangan harus dilakukan secara bertahap karena masih menunggu infrastruktur pendukung di Bandara Kertajati. Hal itu khususnya untuk Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan atau Cisumdawu.

Selain itu, dia mengatakan, Kemenhub terus berkoordinasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR terkait masa operasi jalan tol tersebut. 

Tiru Bandara Yogyakarta

Adita menjelaskan, skema pemindahan penerbangan ke Bandara Kertajati ini kemungkinan meniru tipe operasi Bandara Adisutjipto dan Yogyakarta International Airport atau YIA.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...