Realisasi Investasi Swasta ke IKN Dimulai Agustus, Termasuk Stadion

Tia Dwitiani Komalasari
25 Mei 2023, 08:08
Pekerja melintas di lokasi proyek pembangunan Rumah Tapak Jabatan Menteri di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan Ibu Kota Negara, Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Selasa (28/2//2023). Pembangunan 36 Rumah Tapak Jabatan Menteri tersebut
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/rwa.
Pekerja melintas di lokasi proyek pembangunan Rumah Tapak Jabatan Menteri di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan Ibu Kota Negara, Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Selasa (28/2//2023). Pembangunan 36 Rumah Tapak Jabatan Menteri tersebut tengah memasuki tahap pematangan lahan dan ditargetkan rampung pada Juni 2024 sebagai salah satu persiapan untuk penyelenggaraan upacara bendera Hari Kemerdekaan RI di IKN Nusantara.

Realisasi investasi swasta  ke Ibu Kota Nusantara atau IKN akan dimulai pada Agustus atau September 2023. Investasi swasta akan masuk setelah pembangunan infrastruktur dasar selesai.

Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal,  Bahlil Lahadalia, mengatakan saat ini pembangunan infrastruktur dasar masih menggunakan dana pemerintah. 

“Enggak mungkin investasi swasta masuk tapi investasi dasarnya belum kelar. Sekarang kita selesaikan itu infrastruktur dasar," ujarnya usai menghadiri acara Indonesia-China Smart City Technology and Investment EXPO 2023 di Jakarta, Rabu (24/5).

Bahlil mengatakan, infrastruktur IKN yang dibangun swasta akan dilakukan secara paralel seperti sarana pendidikan, kesehatan, perumahan, stadion hingga perguruan tinggi.

Selain itu, pemerintah juga akan membangun financial center seperti yang ada di Singapura dan Malaysia. Bahlil mengatakan, Financial center ini bertujuan agar para investor bisa langsung masuk ke Indonesia tanpa harus melalui negara ketiga atau hub.

“Pendidikan, kesehatan, tapi yang bangun duluan kan infrastruktur. Bangun perumahan, contohkanlah PSSI akan membangun stadion langsung terus beberapa perguruan tinggi akan dibangun,” ucapnya.

Bahlil menegaskan jika saat ini sudah banyak investor swasta yang menyampaikan komitmennya untuk terlibat dalam pembangunan IKN. Namun demikian, dia masih merahasiakan nama-nama investor tersebut.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...