LRT Akan Diperpanjang Hingga Stasiun Manggarai, Proyek Mulai Tahun Ini

Nadya Zahira
25 Mei 2023, 11:28
Undangan mencoba kereta Light Rail Transit (LRT) dari Stasiun LRT Ciliwung ke Stasiun LRT Dukuh Atas saat LRT Experience di Jakarta, Rabu (15/3/2023).
ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/nym.
Undangan mencoba kereta Light Rail Transit (LRT) dari Stasiun LRT Ciliwung ke Stasiun LRT Dukuh Atas saat LRT Experience di Jakarta, Rabu (15/3/2023).

Kementerian Perhubungan atau Kemenhub menyatakan akan memperpanjang jalur Light Right Transit atau LRT dari stasiun Velodrome, Jakarta Timur, ke Stasiun Manggarai, Jakarta Selatan. Juru Bicara Kemenhub, Adita Irawati, mengatakan proyek tersebut akan berlangsung pada tahun ini. 

"Insya Allah akan dimulai proyeknya kemungkinan tahun ini atau tahun depan," ujar Adita kepada awak media saat ditemui di Gedung DPR RI, Jakarta, Rabu (24/5).

Adita mengatakan, pihaknya sudah melakukan pembicaraan intens bersama dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Pj Gubernur. Menurutnya, proyek tersebut akan dilakukan secara bertahap.

Namun demikian, Adita mengatakan, pemerintah saat ini tengah fokus memprioritaskan LRT Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi atau Jabodebek yang rencananya akan dilakukan uji coba pada Juli ini. LRT akan beroperasi secara komersil di bulan Agustus 2023.

"Jadi fokus kami saat ini untuk proyek LRT Jabodebek, yang rencananya Agustus sudah bisa beroperasi," kata dia.

Tarif LRT akan Disubsidi

Kemenhub juga berencana memberikan subsidi untuk tarif moda transportasi Light Rail Transit atau LRT Jabodebek sebesar 40% berdasarkan perhitungan jarak terjauh.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...