Harga Batu Bara Anjlok Lebih dari 50%, Ekspor dari Indonesia Naik

Tia Dwitiani Komalasari
26 Mei 2023, 09:55
Pekerja melintas di dekat kapal tongkang pengangkut batubara di kawasan Dermaga Batu bara Kertapati milik PT Bukit Asam Tbk di Palembang, Sumatera Selatan, Selasa (4/1/2022).
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/wsj.
Pekerja melintas di dekat kapal tongkang pengangkut batubara di kawasan Dermaga Batu bara Kertapati milik PT Bukit Asam Tbk di Palembang, Sumatera Selatan, Selasa (4/1/2022).

Analis memperkirakan indeks harga batu bara Newcastle berada di kisaran mencapai $175-$212 per ton tahun ini. Angka tersebut turun lebih dari 50% dibandingkan harga tertinggi tahun lalu yang mencapai US$ 440 pada September 2022.

Tahun lalu, sanksi hukuman negara barat terhadap Rusia mendorong pembeli Eropa untuk membayar mahal bahan bakar pembangkit listrik. Hal itu membuat biaya energi global melonjak. Rusia adalah pemasok batu bara dan gas alam terbesar di Eropa sebelum perang.

Advertisement

Namun, harga batu bara diperkirakan berada dalam kisaran yang lebih ketat tahun ini. Kepala eksekutif perusahaan analitik DBX Commodities yang berbasis di London, Alexandre Claude, berharap volatilitas yang lebih rendah pada 2023 dibandingkan tahun lalu karena arus perdagangan telah stabil.

Berikut perkembangan harga batu bara Newcastle dalam 14 hari terakhir, seperti tertera dalam grafik.

Argus Consulting memperkirakan ekspor batu bara global naik 4,4% tahun ini, dengan impor ditetapkan naik 5%. Cina terlihat meningkatkan impor sebesar 11%. Sementara ekspor Australia naik 9,4% setelah menurun selama tiga tahun berturut-turut.

Eropa Tak Lagi Jadi Penentu

Ketua Asosiasi Batubara Dunia sekaligus Kepala Eksekutif Sumber Daya Thungela Afrika Selatan, July Ndlovu, mengatakan peran tidak proporsional Eropa dalam menentukan harga batu bara telah berakhir.

"Ke depan, apa yang terjadi dengan Cina dan India akan mendorong fundamental energi, karena di situlah pertumbuhan dan permintaan energi," kata Ndlovu dikutip dari Reuters, Jumat (26/5).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement