Polri Usut Mafia Bawang Putih, Sebabkan Kelangkaan dan Harga Meroket

Nadya Zahira
26 Mei 2023, 13:43
Warga menjemur bawang putih lokal varietas Lumbu Kuning di kawasan lereng gunung Sumbing desa Legoksari, Temanggung, Jawa Tengah, Rabu (1/7/2020). Sebagian besar petani memilih untuk menyimpan bawang putih hasil panen tahun ini karena harga jual di tingka
ANTARA FOTO/Anis Efizudin/foc.
Warga menjemur bawang putih lokal varietas Lumbu Kuning di kawasan lereng gunung Sumbing desa Legoksari, Temanggung, Jawa Tengah, Rabu (1/7/2020). Sebagian besar petani memilih untuk menyimpan bawang putih hasil panen tahun ini karena harga jual di tingkat petani masih rendah, yaitu untuk kualitas A hanya dihargai Rp30.000 per kilogram turun dari harga tahun sebelumnya yang mencapai Rp50.000 per kilogram.

Satuan Tugas atau Satgas Pangan Polri menduga melambungnya harga bawang putih disebabkan karena adanya penimbunan ataupun penyelundupan. Hal inilah yang membuat ketersediaan komoditas tersebut menjadi sedikit, sehingga harganya mahal di pasaran. 

Wakil Kepala Satgas Pangan Polri, Helfi Assegaf, mengatakan, Polri tengah intensif melakukan pengawasan dan penindakan terhadap indikasi penimbunan. Hal itu perlu dilakukan agar ketersediaan bawang putih di Indonesia dapat terjangkau.

Helfi mengatakan, Polri telah menindak beberapa temuan mafia yang melakukan penimbunan atau penyelundupan bawang putih pada 2021-2022. Namun pada 2023, pihaknya belum lagi menemukan temuan baru serta ada laporan terkait permasalahan tersebut.

"Untuk tahun 2023, Satgas Pangan sampai dengan saat ini belum menemukan adanya penyelundupan bawang putih, dan tidak ada laporan juga. Tapi di tahun 2021-2022 ada," ujar Helfi kepada awak media di Jakarta, Kamis (25/5).

Dia mengatakan Polri terus memantau dan memonitor untuk memastikan keberadaan penyelundupan dan penimbunan pada bawang putih tersebut. Terlebih harga bawang putih saat ini melabung mencapai lebih dari Rp 40.000 per kg.

"Kami masih mencari penyebab harga bawang putih mahal, jadi jangan sampai ada penumpukan di gudang. Makanya, anggota kami mengecek ke gudang-gudang," ujarnya.

Dia mengatakan, melonjaknya harga bawang putih disebabkan karena ketersediaannya yang sangat sedikit namun permintaan terus meningkat.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...