Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Serbelawan di Sumut Rampung Juli 2023

Nadya Zahira
29 Mei 2023, 09:08
Guna mendukung kelancaran arus mudik dan arus balik kendaraan selama libur Lebaran Tahun 2023, Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) Ruas Kuala Tanjung – Tebing Tinggi – Parapat akan dibuka fungsional tanpa tarif/gratis. Terdapat 2 (dua) ruas gate to gate yang
PT Hutama Marga Waskita
Guna mendukung kelancaran arus mudik dan arus balik kendaraan selama libur Lebaran Tahun 2023, Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) Ruas Kuala Tanjung – Tebing Tinggi – Parapat akan dibuka fungsional tanpa tarif/gratis. Terdapat 2 (dua) ruas gate to gate yang nantinya dibuka dan dapat dilalui oleh kendaraan, yaitu Gate Tebing Tinggi – Gate Inderapura sepanjang 28,5 km dan Gate Dolok Merawan – Gate Sinaksak sepanjang 15,6 km, (12/4/2023).

Pembangunan tol Kuala Tanjung - Tebing Tinggi - Serbelawan di Sumatera Utara ditargetkan rampung Juli 2023. Ruas tol tersebut merupakanseksi 1-3  Tol Kuala Tanjung -Tebing Tinggi - Parapat sepanjang 143,25 km yang  diharapkan dapat mempermudah akses wisatawan dari Kota Medan menuju Danau Toba dan Pelabuhan Kuala Tanjung.

Juru Bicara Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR, Endra S. Atmawidjaja, mengatakan, ruas tol Tebing Tinggi - Indrapura - Kisaran dan ruas tol Kuala Tanjung - Tebing Tinggi - Parapat merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera. Ruas  tol tersebut merupakan

“Tol Tebing Tinggi - Indrapura - Kisaran adalah bagian dari backbone jalan logistik, jalan utama di samping jalan-jalan lintas Trans Sumatra yang sudah kita bangun sebelumnya," ujar Endra dalam keterangan tertulis Minggu (28/5).

Selain membangun backbone atau jalur utama, pemerintah juga membangun ruas feeder atau pengumpan. Endra mengatakan, feeder pertama yaitu dari Indrapura ke Kuala Tanjung. Sementara feeder kedua dari Tebing Tinggi ke arah pariwisata Parapat.

Progress Pembangunan Tol

Endra mengatakan,  pembangunan Tol Kuala Tanjung -Tebing Tinggi - Parapat terbagi menjadi 6 seksi dengan nilai investasi sebesar Rp13,4 triliun. Seksi 1 dan 4 dikerjakan melalui skema  Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha atau KPBU dengan PT Waskita Karya.

Seksi 2 dan 3 dikerjakan melalui skema KPBU dengan PT Hutama Karya. Sementara untuk seksi 5 dan 6 menjadi porsi pemerintah.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...