Kereta Bandara Akan Diperpanjang Sampai Bekasi, Ini Rute yang Dilewati

Nadya Zahira
29 Mei 2023, 09:41
Calon penumpang kereta berjalan di salah satu gerbong Kereta Api (KA) Bandara di Stasiun Kereta Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Rabu (5/5/2021).]
ANTARA FOTO/Fauzan/wsj.
Calon penumpang kereta berjalan di salah satu gerbong Kereta Api (KA) Bandara di Stasiun Kereta Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Rabu (5/5/2021).

Kementerian Perhubungan akan menambah rute kereta Bandara Soekarno Hatta hingga ke Bekasi. Kereta tersebut memiliki rute Bekasi, Jatinegara, Pasar Senen, Kampung Bandan, Duri, hingga Stasiun Bandara Soetta dan sebaliknya. 

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, mengatakan kereta bandara tersebut akan terintegrasi dengan Kereta Rel Listrik atau KRL. 

"Karena KA bandara saat ini dikelola oleh KAI Commuter sehingga bisa diselaraskan dengan jadwal Kereta Rel Listrik atau KRL," ujarnya dikutip dalam keterangan tertulis, Senin (29/5).

Wacana tersebut mengemuka saat rapat yang dihadiri Menhub Budi Karya Sumadi dengan Pj Gubernur Jakarta Heru Budi Hartono. Rapat tersebut membahas upaya peningkatan layanan angkutan massal dari dari dan ke Bandara Soekarno Hatta dan sebaliknya.

Dalam rapat tersebut, pemerintah juga menyiapkan strategi lain untuk meningkatkan layanan kereta bandara.  Salah satunya menyediakan check-in counter pesawat dan bagasi di setiap stasiun yang dilewati oleh Kereta Bandara Soekarno Hatta.

“Orang yang akan ke bandara atau sebaliknya pasti membawa barang. Kami akan pikirkan bagaimana check in itu tidak perlu di bandara tetapi bisa di stasiun Manggarai atau Bekasi. Begitupun sebaliknya dari bandara, bisa ambil barangnya di stasiun tujuan,” ujar Budi.

Selain itu, Kemenhub juga meningkatkan jumlah kereta api dari saat ini berjumlah 40 trainset menjadi 56 trainset.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...