Bandara Kertajati Terbangkan Jemaah Haji untuk Pertama Kalinya

Tia Dwitiani Komalasari
29 Mei 2023, 13:59
Petugas membantu keberangkatan jemaah haji di Bandara Kertajati, Minggu (28/5).
Kementerian Perhubungan
Petugas membantu keberangkatan jemaah haji di Bandara Kertajati, Minggu (28/5).

Bandara Kertajati resmi menjadi tempat keberangkatan haji untuk pertama kalinya pada Minggu malam (28/5).  Penerbangan pertama itu menggunakan pesawat Saudi Arabia Airlines jenis Airbus A-330-300.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, M. Kristi Endah Murni mengatakan penerbangan tersebut membawa 369 jemaah haji. Dia memastikan penerbangan haji pertama kali dari Bandara Kertajati menuju Arab Saudi berjalan dengan aman sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

"Kami selalu memastikan kelaikudaraan setiap pesawat yang akan mengangkut jamaah dalam kondisi baik sebelum terbang yaitu meliputi kondisi kelaikan pesawat, kelengkapan dokumen pesawat, serta memeriksa lisensi dan memastikan kondisi kesehatan pilot dan crew yang bertugas dalam kondisi prima," ujar Kristi melalui siaran pers, Senin (29/5).

Sebelumnya, calon jemaah haji yang berasal dari Cirebon, Indramayu, Majalengka dan Kuningan atau biasa disebut Ciayumajakuning berangkat dari Bandara Soekarno Hatta. Mereka harus menempuh perjalanan darat sekitar 3-4 jam menuju tempat tersebut.

"Mulai saat ini jemaah haji Ciayumajakuning bisa berangkat dari Bandara Kertajati dimana waktu tempuh ke bandara bisa dipangkas dan lebih singkat," ujarnya.

Terbangkan 24 Kloter

Bandara Kertajati yang memiliki terminal seluas 96.280m2 ini direncanakan akan menerbangkan sebanyak 8.848 calon jamaah haji dari Indonesia langsung ke Madinah dan Jeddah yang terbagi menjadi 24 kloter. Kloter terakhir rencananya akan diberangkatkan pada 22 Juni 2023.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...