Ganjar Sindir Anies Soal Cawe-cawe: Kalau Nyalon Jangan Takut Isu

Abdul Azis Said
1 Juni 2023, 19:34
Bakal calon presiden dari PDI Perjuangan Ganjar Pranowo (tengah) menyapa warga di GOR Gondrong, Kota Tangerang, Banten, Minggu (28/5/2023). Dalam kunjungannya, Ganjar Pranowo menemui para tokoh milenial, pelaku seni dan pelaku UMKM untuk mendengarkan aspi
ANTARA FOTO/Fauzan/nz
Bakal calon presiden dari PDI Perjuangan Ganjar Pranowo (tengah) menyapa warga di GOR Gondrong, Kota Tangerang, Banten, Minggu (28/5/2023). Dalam kunjungannya, Ganjar Pranowo menemui para tokoh milenial, pelaku seni dan pelaku UMKM untuk mendengarkan aspirasinya.

Bakal calon presiden Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan atau PDIP, Ganjar Pranowo, memberikan tanggapan soal pernyataan Anies Baswedan mengenai politik 'cawe-cawe' yang dilakukan Presiden Joko Widodo. Anies mengatakan, dirinya menerima pesan kekhawatiran 'cawe-cawe' Jokowi akan menjegal bakal calon di luar yang diusung PDIP. 

Menanggapi pernyataan Anies tersebut, Ganjar mengatakan apapun bisa terjadi dalam setiap kontestasi Pemilu. "Jadi kalau sudah mau nyalon jangan pernah takut kalau ada isu apapun," kata Ganjar dalam konferensi pers usai peresmian Rumah Aspirasi Relawan Ganjar Pranowo Presiden 2024 di Menteng, Jakarta, Kamis (1/6). 

Jokowi sebelumnya menyampaikan tidak bisa untuk tidak 'cawe-cawe' menghadapi pilpres mendatang. Hal itu disampaikan dalam pertemuan dengan sejumlah pemimpin redaksi dan pegiat sosial media di istana negara, Senin (29/5) malam.

Dalam acara tersebut Jokowi mengatakan perlu memastikan calon penerusnya nanti bisa melanjutkan seluruh kebijakan yang telah ia buat selama menjadi presiden. 

Menanggapi pernyataan tersebut, Ganjar meyakini 'cawe-cawe' yang dimaksud Jokowi dilakukan dalam kapasitasnya sebagai kader Partai Politik. Karena itu, ia menilai Jokowi sedang menggunakan hak politiknya.

 "Tapi kalau cawe-cawe yang selama ini diartikan akan mengintervensi politik dalam arti keseluruhan yang kemudian menjadi tidak fair, saya kira yang itu tidak akan terjadi," kata Ganjar.

Kekhawatiran Pendukung Anies

Anies Baswedan menanggapi pernyataan Presiden Joko Widodo yang menyatakan bakal ‘cawe-cawe’ jelang pelaksanaan pemilihan presiden atau Pilpres 2024. Sejak pernyataan itu tersiar ke publik, Anies mendapat banyak pesan. 

 "Semenjak malam hingga tadi siang, kami banyak sekali menerima ungkapan, aspirasi, kekhawatiran," kata Anies di Kawasan Jakarta Selatan, Selasa (30/5).

Menurut Anies, mayoritas pesan yang ia terima menyatakan kekhawatiran akan adanya penjegalan dirinya untuk ikut dalam kontestasi pilpres. Anies mengatakan, para pendukungnya juga khawatir akan adanya upaya kriminalisasi dan ketidaknetralan Presiden dalam penyelenggaraan Pemilu 2024. 

Halaman:
Reporter: Abdul Azis Said
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...