Tol Yogyakarta-Bawen Terkoneksi ke Borobudur pada 2024

Tia Dwitiani Komalasari
5 Juni 2023, 11:18
Operator mengoperasikan alat berat saat melakukan pengerasan tanah pada pembangunan Tol Yogyakarta-Bawen Seksi 1 di Seyegan, Sleman, D.I Yogyakarta, Selasa (12/7/2022).
ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko/aww.
Operator mengoperasikan alat berat saat melakukan pengerasan tanah pada pembangunan Tol Yogyakarta-Bawen Seksi 1 di Seyegan, Sleman, D.I Yogyakarta, Selasa (12/7/2022).

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono, menargetkan tol Yogyakarta-Bawen sudah bisa menjadi akses Kawasan Brobudur pada 2024. Oleh sebab itu, dia menargetkan pengadaan lahan selesai pada 2023.

Tol Yogyakarta-Bawen termasuk dalam Proyek Strategis Nasional yang akan dibangun sepanjang 76 km. Jalan tol ini telah dimulai pembangunannya pada awal 2022 untuk meningkatkan konektivitas dari Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah.

Basuki mengatakan, ruas tol tersebut terbagi menjadi enam seksi. Saat ini, pembangunan konstruksi seksi 1 dan 6 sudah dimulai. 

Dia menargetkan proses pengadaan lahan untuk seluruh seksi dapat selesai pada akhir tahun 2023. Tujuannya untuk mempercepat penyelesaian konstruksi.

"Pengerjaan pembebasan lahan harus dilaksanakan secara paralel, jangan sekuensial, satu tim menyelesaikan pengadaan lahan di satu seksi, baru lanjut ke seksi selanjutnya. Tahun ini saya target pembebasan lahan di seksi 2,3,4, dan 5 selesai," kata Menteri Basuki.

Adapun rincian ruas tol Yogyakarta-Bawen adalah sebagai berikut:

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...