Tren Memilih Brand Lokal Meningkat pada Milenial dan Gen Z

Tia Dwitiani Komalasari
8 Juni 2023, 06:19
APAC Consultant WGSN, Annya Suhardi, memberikan pemaparannya di Jakarta, Rabu (8/6).
Katadata
APAC Consultant WGSN, Annya Suhardi, memberikan pemaparannya di Jakarta, Rabu (8/6).

Tren untuk memilih brand lokal di kalangan milenial dan Gen Z di Indonesia mengalami peningkatan dalam satu dekade terakhir.  Fenomena ini dinilai akan membuka peluang bagi merek dalam negeri untuk saling berkolaborasi menciptakan produk yang memiliki nilai warisan budaya.

Laporan perusahaan analisis tren bisnis, WGSN, menyatakan  konsumen Indonesia lebih memilih untuk mendukung brand lokal melalui inisiatif "support lokal".

"Kenapa barang lokal? Karena masyarakat Indonesia, terutama milenial dan gen Z cenderung tidak setuju jika brand global disebut lebih bagus dari lokal," kata APAC Consultant WGSN, Anya Suhardi, saat pemaparan hasil penelitiannya di Jakarta, Rabu (8/6).

Dia mengatakan, generasi milenial dan gen Z kini lebih menyadari bahwa pilihan produk lokal lebih kompetitif. Hal itu didukung oleh adanya internet di mana akses informasi mengenai produk lokal semakin tinggi.

Kerja Sama dengan Konten Kerator

Anya pun membagikan tips bagi brand lokal untuk bisa meningkatkan penjualan di kalangan gen z dan milenial. Salah satunya berkolaborasi dengan konten kreator.

Menurut dia, inisiatif tersebut juga didukung oleh potensi ekonomi kreator yang masif di kawasan Asia Pasifik dengan nilai belanja US$ 1 triliun atau setara dengan Rp15 kuadriliun.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...