Isuzu Bantah Pernyataan Menperin Soal Pindahkan Pabrik dari Thailand

Tia Dwitiani Komalasari
9 Juni 2023, 09:26
Suasana aktivitas pabrik perakitan kendaraan milik PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) di Kawasan Industri Suryacipta, Karawang Timur, Jawa Barat.
Arief Kamaludin|KATADATA

Isuzu membantah pernyataan Menteri Perindustrian Republik Indonesia yang menyebut bahwa pabrik otomotif asal Jepang tersebut akan merelokasi pabrik truknya dari Thailand ke Indonesia. Namun demikian, Isuzu menekankan akan fokus menjadikan Indonesia sebagai pasar utama.

“Sementara perusahaan kami terus fokus pada Indonesia sebagai pasar utama, tidak ada rencana untuk merelokasi pabrik Thailand ke Indonesia,” kata juru bicara Isuzu seperti dikutip dari Reuters, Jumat (9/6).

Dia mengatakan, perusahaan belum membuat pengumuman tentang masalah hal itu. Isuzu sudah memiliki pabrik di Karawang, Indonesia.

Namun demikian, Direktur Jenderal Kementerian Perindustrian Indonesia Taufiek Bawazier kembali menegaskan  bahwa Isuzu akan merelokasi pabriknya ke Indonesia.

"Mungkin mereka belum benar-benar mengkomunikasikannya. Tapi dipastikan mereka ingin merelokasi UD Truck (pabrik truk mereka)," kata Taufiek Kamis malam (8/6).

Sebelumnya, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan Isuzu Motors Ltd. akan memindahkan pabrik truk dari Thailand ke Indonesia. Pabrik truk di Indonesia tersebut akan mulai produksi 2024.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...