Bahlil Ungkap Alasan Banyak Investor Masuk ke RI Lewat Singapura

Nadya Zahira
9 Juni 2023, 17:27
Menteri Investasi atau Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengikuti rapat kerja bersama di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (8/9/2022).
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/hp..
Menteri Investasi atau Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengikuti rapat kerja bersama di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (8/9/2022).

Menteri Investasi Bahlil Lahadalia mengungkapkan Singapura merupakan negara terbesar yang paling banyak investasi di Indonesia. Namun demikian, investor tersebut ternyata bukan murni berasal dari negeri singa tersebut.

Menurut Bahlil, banyak investor yang menjadikan Singapura sebagai hub untuk menanamkan modal di Indonesia. Artinya, merea menyimpan dana terlebih dahulu di negara tersebut sebelum akhirnya berinvestasi di Indonesia.

Bahlil mengatakan, investor tersebut bahkan banyak yang sebenarnya merupakan pengusaha Indonesia.

"Sebagian uang teman-teman pengusaha nasional juga ditaruh di Singapura sebelum masuk Indonesia.  Ini juga jadi bahan intropeksi untuk kita," ujar Bahlil saat Rapat Kerja bersama Komisi VI DPR RI, Jakarta, Jumat (9/6).

Berdasarkan catatan BKPM, Singapura menempati posisi pertama dari daftar negara yang investasi di Indonesia yaitu US$ 4,3 miliar pada kuartal I 2023. Begitu juga sepanjang 2022, Singapura menempati negara dengan investasi terbesar di Indonesia yaitu US$ 13,3 miliar.

Dirikan Financial Centre

Bahlil mengatakan, dirinya kemudian mengecek penyebab investor memilih investasi lewat Singapura dibandingkan langsung ke Indonesia. Menurut dia, penyebabnya adalah financial centre di Indonesia yang belum sebaik Singapura dan Lagoon.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...