Pembangunan Pabrik Foxconn Diundur, Bahlil Sebut Ada Masalah Internal

Nadya Zahira
9 Juni 2023, 19:10
Menteri Investasi, Kepala BKPM, Bahlil Lahadalia, dan Chairman Hon Hai Precision Industry Co. Ltd (Foxconn), Young Liu.
Humas BKPM
Menteri Investasi, Kepala BKPM, Bahlil Lahadalia, dan Chairman Hon Hai Precision Industry Co. Ltd (Foxconn), Young Liu.

Pembangunan pabrik kendaraan listrik Foxconn di Indonesia ditunda setelah sebelumnya ditargetkan groundbreaking pada awal 2023. Menteri Investasi, Bahlil Lahadalia, mengatakan penundaan tersebut disebabkan dinamika di internal perusahaan.

"Mungkin sudah hampir selesai dinamikanya, dan kalau sudah selesai, lalu akan ditentukan waktu groundbreakingnya, nanti akan kita sampaikan," ujarnya saat ditemui di Gedung DPR RI, Jakarta, Jumat (9/6).

Bahlil memastikan pembangunan pabrik Foxconn tetap akan dilangsungkan tahun ini. Namun, dia tidak bisa menyebutkan waktu pelaksanaannya secara detail.

"Aduh setengah mati betul pertanyaannya ini, kalau kuartalnya aku enggak berani jawab " kata dia.

Sebelumnya, Bahlil mengatakan Foxconn  akan mulai melakukan groundbreaking di awal 2023. Dia mengatakan, pembangunan pabrik di Batang merupakan jawaban dari negosiasi panjang antara pemerintah Indonesia dengan Foxconn. 

Bahlil mengatakan, dirinya telah bertemu dengan Chairman Foxconn, Young Liu, di sela perhelatan B20 Summit Indonesia. "Selama kurang lebih 2,5 jam. Dia menyampaikan niatnya yang sangat serius, dan dia (Young Liu) tidak tahan lagi untuk mengimplementasikan investasinya," kata Bahlil. 

Dia mengatakan, Liu memiliki pandangan yang berbeda terhadap Indonesia dibandingkan 20 tahun silam. Dulu, Liu juga pernah mengunjungi Indonesia untuk menjajaki investasi di Indonesia.

Namun demikian, hal itu tidak dapat dilaksanakan lantaran ada beberapa persoalan yang tidak terselesaikan. 

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...